Gaya Hidup

Agar Bebas Serangga, Simpan Beras dengan Cara Ini

Jumat, 01 September 2017 - 03:39 | 259.41k
ILUSTRASI: Beras. (Foto: Tokopedia/Grafis TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Beras. (Foto: Tokopedia/Grafis TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Oleh karena itu banyak masyarakat yang memilih membeli beras dalam jumlah banyak agar stok beras di rumah selalu tersedia. Agar stok beras Anda aman dari serangga seperti kutu, kecoa, semut, dan rayap, Anda harus memperhatikan penyimpanan beras. 

Setelah terkena serangga, tentu beras sudah tidak bersih dan tak layak untuk diolah guna dijadikan makanan. Sungguh sayang jika beras yang disimpan akhirnya terbuang sia-sia. Berikut ini beberapa cara melindungi beras dari serangga, seperti dikutip dari Tempo.

1. Simpan beras di freezer
Simpan stok beras di dalam freezer selama 4-5 hari. Proses ini akan membunuh serangga yang mulai menyerang beras selama proses distribusi atau saat berada di gudang. Metode ini juga akan mencegah telur serangga menetaskan. Selain pada beras, Anda juga bisa melakukan langkah yang sama untuk berbagai serelia dan rempah-rempah lain. 

2. Simpan beras di kantong plastik bersegel
Salah satu cara terbaik untuk melindungi beras dari serangga adalah dengan menyimpannya di dalam kantong plastik yang dilipat atau tertutup. Jika memiliki stok atau simpanan beras dalam jumlah banyak, Anda mungkin tidak dapat menyimpannya di dalam freezer. Dalam kasus seperti ini, masukkan beras ke kantong plastik tertutup atau bersegel untuk melindunginya dari serangga.

3. Kosongkan lemari makanan
Jika serangga sudah telanjur menyerbu beras yang disimpan, segera bersihkan lemari atau tempat penyimpanannya. Masukkan beras yang sudah bersih ke kantong plastik dan tutup dengan erat.

4. Semprotkan insektisida ke lemari dapur
Setelah mengosongkan lemari makanan, bersihkan semua bagiannya dengan campuran air hangat dan sabun. Setelah itu, bilas dengan kain lap atau spons. Biarkan lemari mengering. Setelah lemari benar-benar kering, semprotkan insektisida dengan benar dan menyeluruh. Tutup lemari sekitar 4-6 jam atau sampai bau insektisida menghilang. 

5. Masukkan beras kembali ke lemari makanan
Ketika lemari makanan sudah bersih dan higienis. Beras yang disimpan di freezer dan kantong plastik bersegel dapat kembali ditaruh di dalam lemari makanan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES