Graphic Indonesia Berkurban

Ini Cara Memilih Hewan Kurban Yang Islami

Kamis, 31 Agustus 2017 - 16:44 | 188.29k
Grafis: TIMES Indonesia
Grafis: TIMES Indonesia
FOKUS

Indonesia Berkurban

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Yang diutamakan dalam memilih hewan Kurban adalah kondisi hewan dalam kondisi sehat. Bulunya yang bersih dan mengilap. Pergerakannya lincah. Kondisi hewannya gemuk.

Selanjutnya, bentuk fisiknya bagus dan sempurna. Biasanya, hewan Kurban yang demikian harganya sangat mahal. Tapi, tak masalah asal hewannya tak bermasalah alias tidak terkena penyakit.

Jika Anda akan membeli Hewan Kurban, jangan lupa minta penjual untuk menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan yang diberikan Dinas Pertanian dan Perikanan. Jika ada. 

Selain itu, Anda sebaiknya pilih hewan yang tidak Cacat.  Tidak pincang atau patah kaki atau cacat. Tidak buta, Telinganya tidak robek atau rusak. Ekornya tidak putus. Tidak gila dan tanduknya tidak patah.

Hewannya dianjurkan juga harus cukup umur. Untuk hewan Kambing minimal berumur 1 tahun. Untuk sapi, minimal 1,5 tahun. Domba, minimal 2 tahun. Unta minimal berumur 5 tahun. Tumbuh Gigi seri (Poel), periksa juga catatan kelahiran hewan jika ada.

Terakhir soal kepemilikan hewan. Hewan harus bukan hasil merampok dan mencuri. Yang utama diketahui juga adalah tidak sah jika berkurban dengan hewan gadai dan hewan warisan sebelum warisannya dibagi. Dan proses penyembelihan hewan Kurban harus pada waktu yang telah ditentukan secara Islam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES