Wisata

Menjajal Olahraga Ekstrem di Tebing Citatah 

Jumat, 01 September 2017 - 00:15 | 139.27k
Olahraga Ekstrem di Tebing Citatah,Kabupaten Bandung Barat (Foto: Cindy/TIMES Indonesia)
Olahraga Ekstrem di Tebing Citatah,Kabupaten Bandung Barat (Foto: Cindy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tebing Citatah yang terletak di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat punya magnet tersendiri bagi penikmat olahraga ekstrem. Tebing yang memiliki karakteristik batuan kapur ini juga menjadi sarana edukasi bagi sebagian kalangan. 

Meski berkarakter batuan kapur namun tebing citatah aman untuk dipanjat, terbukti beberapa Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) melakukan Masa Bimbingan (Mabim) untuk anggota baru maupun sekadar latihan di tebing ini. 

Mulai dari Mapaligi Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Astacala dari Universitas Telkom Bandung, Mapala Universitas Indonesia (UI) dan banyak lainnya. 

CLIMBING17WYRU.jpg

Ada tiga tebing utama yang biasa digunakan untuk pemanjatan, yaitu Citatah 48, Citatah 90, Citatah 125. Tebing tersebut diberi nama sesuai dengan ukuran ketinggiannya.

Tebing Citatah 48, yang biasa disebut warga sekitar sebagai Gunung Tebing Manik, memiliki 25 jalur pemanjatan. Tebing ini juga kerap disebut Tebing Komando karena berada di bawah pengawasan Kopassus. Di puncak tebing ini terdapat tugu pisau yang menjadi ciri khas dari tebing ini.

Untuk Tebing Citatah 90 yang letaknya tak jauh dari tebing 48  kurang direkomendasikan untuk pemanjatan karena medan tebing yang lebat oleh pepohonan dan hanya terdapat dua hanger (gantungan pengaman) di tebing tersebut. 

"Di tebing ini juga masih banyak aktivitas penambangan kapur dan batuan marmer yang membuat kegiatan pemanjatan jadi kurang kondusif terus hangernya disitu juga kurang," terang Willy Samuel sebagai pembimbing Mabim angkatan 21 Mapaligi Unikom kepada Times Indonesia, Kamis (31/08/17).

climbing2TLRa6.jpg

Terakhir adalah Tebing Citatah 125 yang lokasinya 500 meter dari Tebing Citatah 90. Tebing ini merupakan tebing yang paling populer di kalangan pemanjat karena tebing ini memiliki ketinggian ideal untuk pemanjatan dan jalur pemanjatan yang cukup variatif. 

Di ketinggian 30 meter dari tebing terdapat goa alami yang biasa digunakan untuk melakukan kepentingan pemanjatan dan tempat beristirahat bagi para pemanjat.

climbing327LeA.jpg

"Kita pilih tebing citatah ini soalnya gradenya tidak terlalu susah untuk buat latihan selain itu tempatnya juga masih di sekitar Bandung," tambahnya. 

Untuk bisa menggunakan Tebing Citatah 125 ini, Anda hanya perlu meminta izin kepada ketua RT atau pengurus Karang Taruna Pabeasan. Jangan lupa siapkan peralatan panjat sesuai dengan prosedur dan mengajak rekan anda yang sudah cukup berpengalaman di bidangnya. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti carabiner, harness, tali kernmantel, sepatu panjat, figure eight, dan lain sebagainya. Satu lagi, pastikan tubuh Anda dalam keadaan fit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES