Kesehatan

Benarkah Minuman Bersoda Sebabkan Demensia?

Jumat, 01 September 2017 - 02:31 | 20.41k
ILUSTRASI: Minuman soda. (Foto: Liputan 6 bisnis/Grafis TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Minuman soda. (Foto: Liputan 6 bisnis/Grafis TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demensia merupakan suatu kondisi yang menyebabkan penurunan kemampuan fungsi otak. Banyak hal yang dapat menyebabkan demensia, salah satunya terlalu sering konsumsi minuman bersoda.

Dilansir dari Klik Dokter, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Stroke mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi minuman soda setiap hari memiliki risiko tiga kali lipat menderita demensia.

Hal itu karena minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Bila dikonsumsi terlalu sering, minuman jenis ini akan meningkatkan lonjakan gula darah di dalam tubuh. Akibat lonjakan gula darah tersebut, insulin akan bekerja lebih keras. Akibatnya semakin lama fungsinya akan semakin menurun. Hingga akhirnya, terjadilah diabetes tipe-2.

Seperti diketahui, diabetes merupakan penyakit metabolik yang salah satu komplikasinya berupa penurunan fungsi sel saraf dan pembuluh darah. Hal ini turut memengaruhi penurunan fungsi otak untuk menafsirkan pesan yang diterima. Jadi, cepat atau lambat, proses ini dapat menyebabkan terjadinya demensia.

Anda sebenarnya tetap diperboehkan konsumsi minuman bersoda, namun sebaiknya Anda membatasi konsumsi minuman bersoda atau sumber asupan manis lainnya. Dengan demikian, risiko diabetes maupun demensia menjadi lebih kecil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES