Pendidikan Indonesia Berkurban

IAIN Jember Latih Takmir Masjid Sembelih Hewan Kurban

Kamis, 31 Agustus 2017 - 12:25 | 57.58k
Pelatihan penyembelihan hewan kurban di IAIN Jember. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Pelatihan penyembelihan hewan kurban di IAIN Jember. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Berkurban

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember  bekerja sama dengan Politeknik (Poltek) Negeri Jember menggelar pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syar’i. Sekitar 100 utusan takmir masjid se-Kabupaten Jember hadir dalam acara yang dilaksanakan di Aula Gazebo IAIN Jember, Jawa Timur, Kamis (31/8/2017).

Wakil Rektor III IAIN Jember, H Sukarno mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada takmir masjid tentang bagaimana menyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam dan seminimal mungkin tidak menyiksa.

"Pada umumnya, kalau orang menyembelih sapi atau kambing, cara-cara yang dipakai adalah konvensional dan cenderung menyiksa hewan kurban," tutur Sukarno.

Narasumber acara tersebut, Dr. Kyai MN Harisuddin yang merupakan Dosen Fakultas Syariah IAIN Jember menerangkan hukum Islam tentang pengelolaan kurban dan seluk beluknya.

"Jadi harus dipilah mana hewan kurban yang wajib (karena nazar) dan yang sunah. Kalau wajib, tidak boleh dimakan orang yang berkurban. Kalau kurban sunah, ya malah disunahkan”, kata Harisudin yang juga Katib Syuriyah PCNU Jember tersebut. 

Selain itu, Harisuddin mengatakan bahwa penting untuk diingat bahwa panitia kurban merupakan orang yang diberi amanah. Karenanya, haram bagi dia mengambil daging kurban kecuali kecuali bagian yang diizinkan oleh orang yang berkurban.

"Yang pantas lah berapa seharusnya dia memperoleh daging kurban. Masak satu orang panitia dapat satu ekor kambing," candanya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Sunan Ampel, Sutrisno, menyatakan terimakasih atas dukungan IAIN Jember pada takmir masjid untuk berkhidmah pada ummat. Bulan Dzulhijjah kata dia, khidmahnya adalah dengan pengelolaan hewan kurban secara baik, khususnya penyembelihan yang sesuai tuntutan Islam.

"Tuntutan dalam Islam itu kan ihsan ketika menyembelih. Makanya, bagaimana ihsan, mari kita praktekkan hari ini setelah nanti kita mendapat teorinya dari para nara sumber," ucapnya. Setelah para narasumber memaparkan materi, para peserta yang diajari teknik merebahkan hewan kurban di Lapangan IAIN Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES