Glutera News

Asam Amino

Kamis, 31 Agustus 2017 - 01:11 | 500.01k
ILUSTRASI: Asam Amino (Desaign: glutera news)
ILUSTRASI: Asam Amino (Desaign: glutera news)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tubuh kita memerlukan asam amino untuk dapat bertahan hidup, salah satu jenis yang dibutuhkan tubuh adalah asam amino esensial. Namun, ternyata kita memerlukan pangan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhinya.

Asam amino sendiri sebenarnya adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, protein di dalam makanan tersebut akan mengalami proses penguraian. Hasil penguraian ini kemudian akan menghasilkan asam amino yang akan ditinggalkan di dalam tubuh, dan digunakan untuk beragam fungsi.

Apakah Asam Amino Esensial?
Terdapat beberapa jenis asam amino yaitu asam amino kondisional, asam amino non esensial, dan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah jenis yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Sehingga memerlukan makanan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun yang termasuk ke dalam asam amino esensial antara lain adalah valin, histidin, triptofan, isoleusin, lisin, leusin, metionin, treonin, dan fenilalanin.

Fungsi Asam Amino
Sudah mulai paham apa yang dimaksud dengan asam amino esensial? Setelah melalui proses penguraian dan pencernaan, asam amino yang ditinggalkan di dalam tubuh memberikan beragam manfaat penting bagi tubuh. Mulai dari memperbaiki jaringan tubuh, membantu pertumbuhan normal, menguraikan makanan, dan sebagai sumber energi tubuh. Karena dapat memberikan sumber energi bagi tubuh, kekurangan asam amino esensial dianggap sebagai malnutrisi protein energi.

Ragam Makanan yang Mengandung Asam Amino Esensial
Seperti yang sudah disebutkan di atas, asam amino esensial mengandung beragam jenis asam amino. Antara lain valin, histidin, triptofan, isoleusin, lisin, leusin, metionin,treonin, fenilalanin. Beragam jenis asam amino tersebut dapat 

Anda dapatkan dari beberapa makanan di bawah ini.

• Isoleusin
Jika Anda ingin mendapatkan isoleusin, cobalah untuk mengonsumsi putih telur. Selain tidak banyak mengandung lemak, putih telur ternyata juga mengandung banyak isoleusin. Tidak hanya putih telur, makanan lain seperti domba, kalkun, kepiting, ayam, tuna, ikan kod, dan kedelai juga merupakan sumber isoleusin yang tidak kalah bagusnya.
• Lisin
Daging kalkun dan daging ayam bagian dada merupakan makanan yang mengandung lisin cukup tinggi. Setelah kalkun dan ayam, makanan seperti peterseli, selada air, dan rumput laut juga memiliki kandungan lisin yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lisin dari makanan seperti ikan kod serta ikan tuna.
• Leusin
Tidak hanya mengandung lisin dan isoleusin, makanan seperti rumput laut, dan tuna ternyata juga mengandung leusin. Sedangkan makanan lainnya yang kaya akan leusin antara lain adalah kedelai, putih telur, dan ayam.

• Valin

Makanan yang termasuk memiliki kandungan valin yang tinggi adalah telur. Selain telur, makanan lain yang menjadi sumber valin antara lain rumput laut, selada air, kalkun, dan bayam.

• Treonin
Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lainnya untuk makanan yang mengandung treonin antara lain ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.

• Histidin
Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lainnya untuk makanan yang mengandung treonin antara lain ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.

• Fenilalanin
Guna mendapatkan fenilalanin dengan jumlah yang cukup tinggi, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis daging. Seperti daging kalkun, domba, babi, sapi, atau daging sapi muda. Tepung wijen, tepung biji kapas, dan salmon juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung fenilalanin.

• Triptofan
Daging singa laut dan rusa sebenarnya adalah makanan yang mengandung triptofan yang tinggi. Namun, mungkin kedua daging ini tidak familiar dengan Anda dan sulit didapatkan. Guna mendapatkan triptofan Anda juga bisa mengonsumsi kedelai, bayam, rumput laut, kalkun, dan putih telur.

•  Metionin
Makanan yang mengandung metionin antara lain adalah ayam, kalkun, kepiting, lobster, dan tuna. Namun beberapa makanan tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan putih telur. Putih telur memiliki kandungan metionin yang cukup tinggi. Putih telur juga memiliki kandungan asam amino esensial lainnya yang tentu baik untuk tubuh.

Kini, Anda tentu sudah lebih mengenal asam amino esensial. Cobalah untuk mengingat baik-baik makanan apa saja yang mengandung asam amino esensial. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan di atas, terlebih asam amino esensial memiliki fungsi penting bagi tubuh. Jadi, jangan lewatkan untuk mengonsumsi asam amino esensial demi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

MANFAAT DAN KHASIAT ASAM AMINO UNTUK KESEHATAN

1.Mengatasi stress
Khasiat asam amino merupakan salah satu suplemen untuk melindungi kecemasan dan depresi. Oleh karena itu, bagi anda yang sering mengalami depresi dan kecemasan setiap hari dan untuk menghilangkan sangat sulit sekali, Sekarang anda sudah menumakan jawabanya. Hanya dengan mengkonsumsi kandungan ini maka rasa cemas dan depresi anda akan hilang. Hal ini terjadi karena kandungan ini sangat terpercaya sekali di dalam mengatasi stress dan menenangkan suasana hati.

2. Pembentuk otot
Seseorang yang sudah tua pasti kesehatan tubuhya sudah berkurang dan mudah terserang oleh penyakit. Salah satu penyakit otot mengendor dalam organ tubuh yang bisa mengakibatkan tersumbatya pembulu darah dan hal ini bisa mengakibatkan terserang oleh penyakit. Oleh karena itu, konsumsilah kandungan ini karena asam amino baik sekali bagi kesehatan tubuh

3. Menjaga kekebalan tubuh
Tubuh merupakan salah satu organ manusia yang harus benar-benar di jaga. Namun Dengan menjaganya akan menimbulkan kesehan bagi tubuh. Tetapi jika tidak, maka akan mengakibatkan terserangya berbagai macam penyakit salah satunya penyakit alergi. Penyakit ini sangat menyiksa sekai bagi tubuh anda. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin terserang oleh berbagai macam penyakit, konsumsilah asam amino ini karena kandungan ini sangat baik sekali untuk menjaga kekebalan tubuh.

4. Mengatasi stress buster
Stress buster merupakan salah satu gangguan jiwa terhadap seseorang. Kemudian hal ini biasanya di akibatkan dari banyak pikiran. Jika anda ingin mengatasinya mudah sekali, dengan mengkonsumsi asam amino, stess buster yang anda alami akan cepat teratasi. Hal ini terjadi karena kandungan ini baik sekali di dalam mengatasi stress buster.

5. Menjaga kesehatan jantung
Bagian dari organ tubuh manusia ini salah satunya jantung. Selain itu, jantung ini merupakan salah satu organ tubuh yang harus benar-benar di jaga kesehatanya. Namun dengan menjaga kesehatan jantung maka anda akan terhindar dari bebrbagai macam penyakit mematikan seperti, penyakit jantung. Penyakit ini sangatlah berbahaya sekali pada anda dan mengakibatkan kematian. Jika anda tidak ingin terserang oleh penyakit jantung mudah sekali solusinya. Hanya dengan memperbanyak makanan yang mengandung asam amino ini anda akan terhindar dari penyakit jantungi. Karena kandungan ini sangat terpercaya sekali bahwa memiliki peran untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah kerontokan rambut
Asam amino ini selain untuk menjaga kesehatan jantung seperti yang saya paparkan di atas, selain itu, kandungan ini juga banyak manfaatya slah satunya bisa mencegah rambut rontok. Rambut merupahkan salah satu dari anggota tubuh anda. Jika kesehatan rambut kita tidak di jaga akan mengakibatkan kerontokan pada rambut. Hal ini mengakibatkan kebotakan kepada kepala. oleh karena itu, jagalah sebaik mungkin rambut anda karena dengan menjagaya anda akan terhindar dari kerontokan rambut. Hal ini perlu diatasi hanya dengan mengkonsumsi kandungan ini maka rambut yang anda miliki terhindar dari kerontokan. Karena kandungan ini sangat terpercya sekali bahwa memiliki peranan untuk mencegah kerontokan pada rambut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES