Kesehatan

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Sakit

Rabu, 30 Agustus 2017 - 02:24 | 79.41k
ILUSTRASI - Sediki sedikit minum obat adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat sakit (Foto: shutterstock / Desain Ilustrasi - TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Sediki sedikit minum obat adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat sakit (Foto: shutterstock / Desain Ilustrasi - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sakit yang tiba-tiba menyerang di tengah aktivitas memang menyebalkan. Tak jarang Anda akan mencari pertolongan pertama untuk meredakan rasa sakit. Tapi, sadarkah Anda terhadap kesalahan yang sering dilakukan saat sakit demi meredakan gangguan kesehatan yang Anda alami? Berikut kesalahan yang sering dilakukan saat sakit, dilansir dari Klik Dokter.

Penggunaan Inhaler
Bagi penderita asma, inhaler adalah ‘senjata’ wajib yang harus selalu dibawa. Benda ini biasa digunakan untuk meredakan serangan asma. Tapi, teknik penggunaan inhaler yang salah membuat hasilnya tak maksimal. Serangan asma yang mendadak kerap membuat penderita terburu-buru menghirup inhaler. Akibatnya, paru-paru hanya menerima tak lebih dari 7 persen obat yang disemprotkan.

Obat tetes mata
Obat yang satu ini sering menjadi andalan saat Anda merasakan ada yang salah pada mata. Nyatanya, cara penggunaan yang kurang tepat dapat menimbulkan bahaya. Bukannya menyembuhkan masalah mata yang Anda alami, mungkin malah memperburuk.

Kesalahan umum dalam pemakaian obat mata adalah meneteskannya di sudut dalam mata Anda. Kebiasaan itu berbahaya sebab ujung dalam mata berhubungan langsung dengan hidung dan mulut Anda. Obat tetes mata yang mengendap di area tersebut bisa memicu timbulnya penyakit lain yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan. 

Sedikit-sedikit minum obat 
Tak jarang, untuk meredakan nyeri saat penyakit datang, Anda memilih untuk terus mengonsumsi obat. Bukannya menyembuhkan penyakit, kebiasaan ini justru membahayakan kesehatan. Biasanya, saat sakit Anda akan terpacu untuk terus menenggak pil penghilang rasa sakit. Hal ini bisa menyebabkan overdosis. 

Kebiasaan buruk lainnya adalah mengonsumsi obat saat perut kosong. Perlu Anda waspadai bahwa meminum obat saat perut kosong bisa memicu penyakit lain. Biasanya, sakit perut setelah meminum obat adalah reaksi akibat minum obat saat perut kosong. 

Penggunanan nasal spray 
Kesalahan dalam penggunaan nasal spray adalah Anda tidak membersihkan hidung terlebih dahulu. Akibatnya, cairan hidung alias ingus yang telah menumpuk akan membuat obat tidak dapat bekerja secara efektif. 

Sebelum memakai nasal spray hembuskan hidung Anda. Meski akan terasa sesak, namun ini berguna untuk membuat hidung lebih siap menerima semprotan obat. Setelah itu, tutuplah satu lubang hidung Anda dan hirup nasal spray melalui lubang hidung lain yang terbuka. Ambil waktu jeda. Kemudian ulangi pada sisi satunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES