Peristiwa Nasional

Gangguan Satelit, BCA Gratiskan Biaya Tarik Tunai ATM Bank Lain

Senin, 28 Agustus 2017 - 14:42 | 144.91k
ILUSTRASI: Penarikan tunai di ATM BCA. (Foto: duta)
ILUSTRASI: Penarikan tunai di ATM BCA. (Foto: duta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelayanan pengambilan uang di Bank BCA terganggu. hal itu akibat ada gangguan Satelit. Namun, pihak BCA akan menggratiskan biaya tarik tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank lainnya.

Menurut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers di Menara BCA, Senin (28/8/2017), bahwa Nasabah BCA ambil uang ATM bank lain kena biaya Rp 7.500. 

"Kami akan bebaskan biayanya, khusus untuk yang tarik tunai," jelasnya.

Biaya gratis tarik tunai tersebut katanya, tidak secara langsung. Saat menggunakan ATM di bank lain, nasabah BCA tetap mendapat potongan biaya. 

"Namun biaya tersebut akan digantikan BCA di akhir bulan. Nasabah ambil dulu, kena biaya baru akhir bulan dikredit kembali biaya administrasinya," jelasnya.

Menurut Jahja, biaya gratis hanya berlaku untuk transaksi tarik tunai. Di luar transaksi tarik tunai seperti cek saldo dan transfer, nasabah dapat menggunakan internet banking atau melalui aplikasi BCA mobile.

BCA katanya, telah menyiapkan Rp 50 miliar sampai 70 Miliar untuk biaya perbaikan dan talangan biaya transaksi tarik tunai di bank lain.

Diketahui, sebanyak 5.700 dari 17.210 ATM BCA, masih tak berfungsi lantaran pengalihan sinyal masih dilakukan. "Nantinya perpindahan sinyal untuk 3.000 ATM akan dilakukan oleh satelit Telkom 3, sedangkan sisanya akan menggunakan satelit Apstar V," akunya.

Diberitakan sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memastikan sistem pembayaran aman meski ribuan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tak beroperasi (offline) lantaran terjadinya gangguan pada satelit Telkom 1 sejak Jumat (25/8/2017).

Perbankan dan PT Telekomunikasi Indonesia telah mengalihkan koneksi ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya. Dipastikan, sistem pembayaran akan tetap terjaga aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES