Kesehatan

Agar Tak Mudah Stres, Biasakan Sarapan di Jam Ini

Minggu, 27 Agustus 2017 - 04:26 | 28.09k
Waktu sarapan yang di anjurkan (Foto: hawagym/ desain Ilustrasi TIMES Indonesia)
Waktu sarapan yang di anjurkan (Foto: hawagym/ desain Ilustrasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan sangat penting untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Sering melewatkan sarapan bisa mendatangkan kerugian untuk tubuh. Salah satunya adalah mudah stres di tempat kerja.

Seperti dilansir dari Kompas, sarapan memiliki efek positif pada kortisol, salah satu "hormon stres" utama yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Menurut penelitian dari University of Texas di Austin, kortisol memiliki banyak fungsi termasuk membantu tubuh menggunakan gula (glukosa) dan lemak untuk energi.

Bila digunakan dengan baik oleh tubuh, maka kadar kortisol berada pada tingkat yang stabil, sehingga Anda tak mudah cemas atau gelisah. Pengambilan keputusan penting pun menjadi lebih baik.

Dokter ahli kimia dan spesialis gizi, Josh Axe mengatakan, tingkat kortisol paling tinggi sekitar pukul 7 pagi. Jadi itulah waktu yang paling tepat untuk makan sesuatu agar kadar kortisol menjadi turun. Jika kadar kortisol tetap tinggi, Anda cenderung mudah cemas atau gelisah, terlebih bila ada rapat penting di kantor.

Untuk menu sarapan yang sehat, Anda bisa mengombinasikan protein dan lemak baik. Sumber protein dan lemak baik ini bisa didapat dari telur dan alpukat. Kedua makanan ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mencegah fluktuasi gula darah.

Jika Anda memasukkan karbohidrat dalam sarapan, konsumsilah jenis glikemik rendah seperti buah beri, roti gandum utuh, atau kentang, serta ubi kukus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES