Kesehatan

Usai Melahirkan, Wanita Disarankan Konsumsi Makanan Ini

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 04:23 | 280.36k
Tips makanan yang di sarankan usai melahirkan (Desain: Ilustrasi/ TIMES Indonesia)
Tips makanan yang di sarankan usai melahirkan (Desain: Ilustrasi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wanita sesudah melahirkan baik melalui proses normal atau operasi caesar perlu mendapatkan pemulihan yang maksimal. Dilansir dari Dokter Sehat, untuk membantu proses pemulihan pasca melahirkan, wanita juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi. Berikut beberapa jenis makanan berikut yang disarankan untuk dikonsumsi pasca melahirkan.

Makanan kaya kalsium
Pakar kesehatan menyarankan ibu yang baru saja melahirkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, ikan teri, dan berbagai macam kacang-kacangan.

Makanan kaya zat besi
Beberapa jenus sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, daging merah, ikan teri, dan juga tempe yang kaya akan zat besi juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang baru melahirkan.

Makanan kaya protein
Makanan yang kaya protein hewani atau nabati seperti tempe, tahu, daging sapi, dan daging ayam juga akan membantu proses pemulihan setelah melahirkan.

Makanan kaya asam folat
Susu dan telur yang kaya akan asam folat sangat baik untuk dikonsumsi ibu yang baru melahirkan.

Makanan sumber karbohidrat
Sumber karbohidrat seperti nasi, terigu, dan biji-bijian akan membuat ibu memiliki energi yang cukup untuk melakukan proses pemulihan tubuh sekaligus merawat buah hati.

Dalam 6 bulan pertama setelah melahirkan, ibu hamil disarankan untuk menambah asupan kalorinya hingga 700 kalori lebih banyak dibandingkan saat hamil karena Ia juga harus memenuhi ketersediaan ASI bagi buah hatinya. Setelah anak mencapai usia 6 bulan hingga 1 tahun, asupan kalori tambahan ini bisa cukup hanya 500 kalori saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES