Gaya Hidup

Awas! Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 01:21 | 30.97k
ILUSTRASI: Makanan Dipanaskan (Desaign: Opic/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Makanan Dipanaskan (Desaign: Opic/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memanaskan makanan kembali agar awet dan bisa dinikmati keesokan harinya atau di waktu lain menjadi salah satu hal yang sering dilakukan. Alasannya tentu karena sayang membuang-buang makanan. Meskipun tujuannya baik, kebiasaan ini ternyata justru dapat membahayakan kesehatan. 

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan mengatakan beberapa jenis makanan yang sering dipanaskan kembali ternyata bisa mengalami perubahan kandungan menjadi lebih beracun. Meski tak semua makanan, Anda tetap harus waspada. Berikut makanan yang berbahaya jika dipanaskan kembali.

Ayam
Ayam merupakan salah satu jenis daging yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. MAkanan dari bahan baku ayam sering dipanaskan kembali jika tidak habis. Sayangnya, memanaskan kembali makanan yang terbuat dari ayam ini justru akan mengubah kandungan protein di dalamnya. Akibatnya, Anda akan berisiko besar mengalami gangguan pencernaan.

Kentang
Salah satu makanan yang dianggap sangat baik bagi program diet ini ternyata sangat tidak direkomendasikan untuk dipanaskan kembali. Menyimpan makanan dari bahan kentang terlalu lama, dapat mengakibatkan kadar gizi di dalamnya akan hilang. Jika dipanaskan kembali, maka akan timbul kandungan racun yang bisa saja menyebabkan gangguan pencernaan.
 
Jamur
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera menghabiskan makanan yang terbuat dari bahan jamur. Jika dipanaskan kembali, dikhawatirkan kandungan proteinnya akan berubah dan bisa membahayakan kesehatan.

Telur
Jika dipanaskan kembali, maka telur akan mengalami penurunan kadar protein dengan signifikan. Bahkan, kandungan ini bisa berubah menjadi zat beracun yang akan menyebabkan gangguan pencernaan.

Sayur bayam
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mengkonsumsi sayur bayam dalam waktu 6 jam setelah dimasak. Jika dikonsumsi lebih dari waktu tersebut atau bahkan dipanaskan kembali, kandungan nitrat pada bayam akan berubah menjadi nitrit yang beracun. Hal yang sama terjadi jika kita memanaskan kembali sayuran seledri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES