Kesehatan

Berlebihan Konsumsi Makanan Pedas, Ini Dampaknya

Jumat, 25 Agustus 2017 - 03:17 | 28.49k
ILUSTRASI. Berlebihan makan pedas dapat berdampak buruk bagi kesehatan. (Foto: Boldsky)
ILUSTRASI. Berlebihan makan pedas dapat berdampak buruk bagi kesehatan. (Foto: Boldsky)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan pedas saat ini tengah menjadi "primadona" masyarakat. Banyak tempat makan yang menyajikan menu makanan pedas. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada dampak kesehatan yang didapatkan jika mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut dampak berlebihan mengonsumsi makanan pedas.

Perut mulas
Dampak pertama yang didapat karena berlebihan mengonsumsi makanan pedas tentu perut terasa mulas. Rasa pedas ternyata tak hanya terasa di bibir, perut juga akan merasakan akibatnya. Tak hanya mulas, sebagian orang juga mengalami masalah asam lambung naik akibat dari hal ini. Jika Anda mulai merasakan efek ini, pakar kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi yoghurt yang bisa menenangkan perut.

Gangguan pencernaan
Mengkonsumsi makanan pedas dengan berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada usus. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan capsaicin yang memang bisa memberikan sensasi pedas dan panas pada perut.

Iritasi pada bibir
Jika mengonsumsi makanan bersama dengan cabai, bibir tentu akan terasa pedas dan panas. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cabai memang memiliki kemampuan dalam mengiritasi kulit pada bibir sehingga sebaiknya  tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Kehilangan kepekaan rasa
Mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan dapat mengakibatkan Anda mengalami penurunan sensitifitas rasa pada organ pengecap. Alhasil, mungkin Anda tidak lagi bisa menikmati rasa makanan lain dengan maksimal. Karena alasan inilah ada baiknya memang tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES