Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Dosen Unikama Tingkatkan Keterampilan Peternak Sapi

Jumat, 25 Agustus 2017 - 01:17 | 65.19k
Tim Dosen Universitas Kanjuruhan Malang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Kemiri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Tim Dosen Universitas Kanjuruhan Malang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Kemiri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim Dosen Universitas Kanjuruhan Malang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan itu menyasar kelompok peternak sapi perah di desa Kemiri Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.

Tim yang beranggotakan Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih, S.Pt.,M.P. Ketua dan Wiji Setiyaningsih, S.Kom, M.Kom anggota ini  memberikan solusi akan permasalahan peternak sapi. Seperti biaya pakan sapi, pengadaan rumput segar di musim kemarau dan pengolahan susu sapi.

Unikama-Latih-Peternak-Sapi-DTBuvV.jpg

Rendahnya pemahaman dan ketrampilan peternak tentang teknologi pengolahan pakan berdasarkan ketersediaan potensi bahan pakan yang ada di lokasi peternak.

Unikama-Latih-Peternak-SapihwZM.jpg

Tim Dosen Unikama memberikan Solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dengan melakukan beberapa upaya. Seperti alih teknologi pembuatan produk pakan ternak melalui teknik fermentasi (silase) untuk menyediakan pakan hijauan yang berkualitas secara kontinyu terutama di musim kemarau dengan biaya yang murah.

Sementara untuk pakan fermentasi Ayu Tjatur menjelaskan alih teknologi pengolahan pakan fermentasi berbasis potensi lokal.  Dengan begitu dapat disubtitusikan sebagai pakan ternak untuk menghemat biaya pakan terutama konsentrat.

Unikama-Latih-Peternak-222bR2y.jpg

Menggunakan teknologi itu peternak dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya pakan ternak dari biaya semula untuk pemeliharaan 3 ekor sapi sebesar Rp.118.950,-/hari menjadi  Rp.51.450,-/hari.

Unikama-Latih-Peternak-Sapi-ARFKJg.jpg

Metode kegiatan yang digunakan adalah diskusi/penyadaran melalui tanya jawab terkait masalah di lapang dan solusinya. Pelatihan, demoplot teknik pembuatan produk pakan dan olahan hasil ternak yang berkualitas  dan bernilai ekonomi serta pendampingan dan evaluasi untuk memberi solusi atas kendala adopsi teknologi di lapang.

Didalam pelaksanaan program melibatkan mahasiswa untuk membantu sosialisasi dan introduksi teknologi.

Unikama-Latih-Peternak-Sapi-F65YxF.jpg

Selain alih teknologi, pada kegiatan itu tim pengabdi juga berkontribusi penyediaan 1 unit palungan, 1 unit chooper, 3 buah termos es.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES