Kesehatan

5 Makanan Ini Harus Dihindari saat Flu

Jumat, 25 Agustus 2017 - 06:45 | 76.12k
ILUSTRASI. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan saat sedang flu. (Foto: fivestaruc.com)
ILUSTRASI. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan saat sedang flu. (Foto: fivestaruc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Flu merupakan peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu biasanya memiliki gejala seperti pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan demam. Saat sedang flu sebaiknya Anda tidak sembarangan mengonsumsi makanan. Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat flu.

Makanan yang mengandung banyak gula 
Menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, minuman dan makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari selama flu.Sebab, mengonsumsi gula dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Susu 
Agar gejala flu tidak semakin parah, hindari mengonsumsi susu. Menurut ahli, susu dapat menyebabkan lendir atau ingus bertahan lebih lama di paru-paru dan saluran pernapasan Anda. Hasilnya, butuh waktu lama untuk menyembuhkan flu.

Makanan pedas
Capsaicin yang terkandung di dalam cabai disebut dapat memperparah flu. Capsaicin dikenal ampuh mengiritasi hidung dan menyebabkan pilek semakin menjadi-jadi.

Daging 
Selama flu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang membutuhkan energi lebih untuk diserap tubuh. Anda bisa mengganti konsumsi daging dengan buah dan sayur-sayuran. Seorang ahli bahkan menganjurkan untuk menjalani pola makan selayaknya seorang vegetarian selama flu hingga beberapa saat setelah sembuh.

Alkohol 
Sama seperti gula, minuman dan makanan yang mengandung alkohol dapat mengganggu pertahanan tubuh dari virus. Hal ini malah dapat membuat tubuh lebih sakit dari sebelumnya. Mengonsumsi alkohol juga dapat membuat Anda dehidrasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES