Kesehatan

Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kencur Bermanfaat untuk Kesehatan

Jumat, 25 Agustus 2017 - 04:17 | 73.06k
ILUSTRASI. Manfaat kencur untuk kesehatan. (Foto: necturajuice.com)
ILUSTRASI. Manfaat kencur untuk kesehatan. (Foto: necturajuice.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di Indonesia, kencur merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu, baik itu jamu tradisional maupun modern buatan pabrik. Seperti dilansir dari Hello Sehat, kencur dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat kencur untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Obat batuk
Ramuan tradisional kencur yang dicampuran dengan garam sudah lama dikenal sebagai obat obat batuk berdahak. Mengonsumsinya bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Selain bisa jadi obat batuk, ternyata bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara yang ada di tenggorok dan melegakan tenggorokan.

Menghilangkan stres
Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itu sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. Meski demikian, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.

Obat diare
Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti yang sama menunjukkan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang lumayan banyak. Hal tersebut membuat kencur bisa dijadikan salah pilihan pengobatan diare.

Selain dagingnya, bagian daun dan akar kencur juga memiliki manfaat kesehatan. Beberapa manfaat yang dihasilkan dari daun kencur di antaranya adalah untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, dan lain sebaginya karena bersifat antiradang.

Sedangkan pada bagian akarnya, kencur memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi dan ketombe. Tidak hanya itu, akar kencur juga bisa digunakan untuk membantu mengobati cidera otot dan pembengkakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES