Peristiwa Nasional

Peristiwa Penting pada 24 Agustus, TVRI Mengudara untuk Pertama Kali

Kamis, 24 Agustus 2017 - 09:41 | 263.20k
ILUSTRASI: TVRI (Foto: Remotivi)
ILUSTRASI: TVRI (Foto: Remotivi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 24 Agutus 1962 menjadi tonggak sejarah dunia pertelevisian di Indonesia. Ketika itu, Televisi Republik Indonesia atau TVRI untuk pertama kalinya mengudara.

TVRI yang merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia menyiarkan pembukaan Asian Games IV/1962 yang berlangsung di Jakarta.

Sebelumnya, pada 17 Agutustus 1962, TVRI telah melakukan siaran percobaan dengan menyiarkan upacara kemerdekaan di Istana Negara.

Pada eranya, TVRI merupakan satu-satunya televisi yang jangkauannya mencapai seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah penonton sekitar 82 persen penduduk Indonesia. Saat ini TVRI memiliki 27 stasiun Daerah dan 1 Stasiun Pusat dengan didukung oleh 376 satuan transmisi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Namun dominasi TVRI mulai berakhir dengan munculnya siaran perdana RCTI pada tahun 1989 di Jakarta dan kemudian disusul SCTV pada tahun 1990 di Surabaya.

Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 24 Agustus:

1837 - P&G dideklarasikan oleh William Procter, seorang pembuat lilin, dan James Gamble, seorang pembuat sabun.

1903 - Mohammad Yamin salah satu pelopor Sumpah Pemuda lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat. Yamin juga dikenal sebagai sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. Kini, namanya dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia.

1941 - Karena diprotes, Adolf Hitler secara resmi menghentikan aksi T4, sebuah program pembunuhan sistematis semasa Jerman Nazi terhadap penyandang difabel.

1962 - TVRI mengudara untuk pertama kalinya sebagai stasiun televisi pertama di Indonesia dengan acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV di Jakarta.

1981 - Mark David Chapman dijatuhi hukuman 20 tahun penjara sampai seumur hidup atas pembunuhan vokalis The Beatles, John Lennon.

1989 - RCTI mulai mengudara di Jakarta sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia.

1990 - SCTV, televisi swasta kedua di Indonesia, memulai siarannya di Surabaya, Jawa Timur.

2006 - Persatuan Astronomi Internasional memutuskan untuk mengubah status Pluto dari yang sebelumnya planet menjadi planet kerdil.

2008 - Penutupan Olimpiade Musim Panas XXIX Beijing-Tiongkok. Tuan rumah Tiongkok menjadi juara umum dengan 51 medali emas, disusul oleh Amerika Serikat dengan 36 medali emas. Sedangkan Indonesia berada di posisi 42 dari 2014 negara peserta. Saat itu Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

2011 - Supernova SN 2011fe ditemukan di Galaksi Kincir Angin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES