Olahraga

Cabor Balap Sepeda di Tuban Terbentuk, ISSI Jaring Bibit Atlet Melalui Kompetisi

Kamis, 24 Agustus 2017 - 09:27 | 171.71k
Peserta mengikuti balap sepeda dengan rute berputar di Jalan Soekarno Hatta Tuban, Kamis (24/08/2017) (Foto: Safuwan/TIMESIndonesia)
Peserta mengikuti balap sepeda dengan rute berputar di Jalan Soekarno Hatta Tuban, Kamis (24/08/2017) (Foto: Safuwan/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72, menjadi momentum tersendiri bagi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Ini setelah KONI Tuban resmi membentuk Cabang Olah Raga (Cabor) balap sepeda.

Untuk meresmikan hal ini, ISSI Tuban menggelar lomba road race untuk menjaring bibit atlet balap sepeda tingkat pelajar, Kamis (24/08/2017). Penjaringan balap sepeda berlangsung di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mondokan, Tuban, itu ramai diikuti para pelajar mulai tingkat SMP/SMA sekabupaten Tuban. 

balap-sepeda1kdlJH.jpg

Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Manshur dalam sambutannya mengatakan, balap sepeda di Kabupaten Tuban memiliki sejarah panjang dan prestasi membanggakan, bukan hanya ditingkat nasional. Namun, sudah menembus hingga ASEAN dengan hadirnya pebalap nasional seperti Edi Keling dan Uyun Muzizah.

''Karenanya, ini harus menjadi awal munculnya kembali ke Edi dan Uyun lainnya yang mampu membawa nama harum nama Kabupaten Tuban ditingkat nasional,'' paparnya.

Melihat animo peserta yang mengikuti kejuaraan pertama kalinya setelah bertahun-tahun vakum, Mirza cukup optimistis balap sepeda di Bumi Wali ini mampu tumbuh kembali dan memunculkan pembalap-pembalap muda berprestasi.

''Animonya sudah bagus, saya lihat banyak orang tua yang mengantarkan anak-anak mereka, beberapa saya lihat juga sudah terlatih,'' kata Mirza.

balap-sepeda2vLIl.jpg

Sementara itu, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Tuban, Murtadji mengatakan, ada puluhan peserta yang mendaftar, mereka berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten Tuban, meski dari para pendaftar tersebut tidak seluruhnya hadir saat pelaksanaan. 

''Alhamdulillah, pesertanya sudah cukup banyak melihat persiapan kita cukup mepet juga. Dan ISSI Tuban juga baru saja terbentuk,'' kata Murtadji.

Selanjutnya, dalam perlombaan tersebut, Tim Pelatih ISSI Tuban juga sudah melaksanakan pendataan peserta berpotensi yang akan dilatih dan diberikan pembinaan lanjutan sebagai atlet Cabang olahraga Balap sepeda ISSI Tuban.

''Melalui kegiatan ini juga kami melakukan penjaringan atlet, dan sudah masuk catatan kami beberapa nama atlet yang siap kami bina untuk menjadi atlet balap sepeda yang handal,'' pungkas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban tersebut.

Dalam kejuaraan balap sepeda tersebut untuk tingkat SMP Putri, juara 1 berhasil diraih Ghisa Salwa dari SMPN 1 Tuban; juara 2 Ayurida Agustina dari SMPN 6 Tuban; dan juara 3 diraih oleh Athala Fenekanik dari SMPN 6 Tuban.

Sedangkan, untuk tingkat SMP Putra, juara 1 diperoleh, Rizky dari SMPN 4 Tuban; juara 2 Galih Arya dari MTSN Tuban; dan juara 3 Firdaus Galih dari SMPN 1 Tuban. Untuk tingkat SMA juara 1 berhasil diraih Aldi Agustya dari SMAN 2 Tuban; juara 2 Fajar Jaya dari SMAN 5 Tuban; dan juara 3 diraih Agung Purwanto dari MA Asshomadiah Tuban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES