Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Alhamdulillah, BRK dan Investor Arab Sepakat Kembangkan Kopi Robusta

Rabu, 23 Agustus 2017 - 23:15 | 64.80k
Bupati Amin SAid Husni saat menerima kunjungan investor dari Arab Saudi Al Qahtani dalam rangka menjajaki kerja sama pengembangan Kopi Robusta di Bondowoso. (Foto: Abdul Wahet/TIMES Indonesia)
Bupati Amin SAid Husni saat menerima kunjungan investor dari Arab Saudi Al Qahtani dalam rangka menjajaki kerja sama pengembangan Kopi Robusta di Bondowoso. (Foto: Abdul Wahet/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pendapa Pemkab Bondowoso menjadi saksi kesepakatan antara pemkab dan investor asal Arab Saudi untuk pengembangan Kopi Robusta di Bondowoso. Beberapa klausul kesepakatan pun akan dibicarakan lebih intensif. 

Di pendapa, pengusaha dari negara petro dolar yang dipimpin Abdullah M. Al Qahtani ini mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya kepada Bupati Amin. Yakni menjajaki kerja sama dengan Pemkab Bondowoso dalam rangka mengembangkan Kopi Robusta di Bondowoso.

Bupati-Amin-dan-Al-Qatani-A6puqF.jpg

Hal ini dikarenakan di Arab Saudi sendiri, prospek Kopi Robusta lebih besar dari pada Kopi Arabika yang selama ini dikembangkan di Bondowoso. “Mereka ingin investasi untuk mengembangkan kopi Robusta di Bondowoso, karena selama ini kita fokus ke Arabika. Sementara di Arab Saudi yang paling prospek itu Robusta,” terang bupati.

Bupati kelahiran Pamekasan Madura ini menegaskan, pengembangan kopi Robusta yang akan bekerjasama dengan pengusaha asal Saudi Arabia tersebut akan tetap berorientasi pada pemberdayaan petani kopi di Kabupaten Bondowoso. 

"Nanti pola kerjasama yang akan kita lakukan tetap pada pola kemitraan. Yaitu lahannnya perhutani, pengelola perkebunan kopi Robusta adalah petani Bondowoso. Semenatara hasilnya nanti akan diambil atau dibeli oleh pengusaha asal Saudi Arabia.

KSAtk98g.jpg

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang sedianya dilakukan pada saat itu, tidak jadi dilakukan. Menurut Bupati Amin, hal ini dikarenakan Al Qahtani ingin meninjau lahan yang disediakan Pemkab Bondowoso sebagaimana yang diminta.

Selain itu, dari klausul MoU yang disuguhkan Pemkab Bondowoso ini, ada beberapa pasal yang belum disepakati kedua belah pihak. Yaitu pasal masa lama kerja sama ini.

“Dalam pasal itu kita sebutkan lama kerja sama ini 12 tahun. Tapi pihak Al Qahtani minta lebih lama,” imbuh Bupati Amin.

Mengenai hal itu, pihak Pemkab Bondowoso, kata Amin, tidak keberatan sama sekali. Yang penting bagi bupati Amin adalah pemberdayaan kepada petani kopi yang ada di Bondowoso juga menjadi prioritas.

Bupati-Amin-dan-Al-Qatani-CnSkWM.jpg

Seperti diketahui, pengusaha asal Kerajaan Arab Saudi (KSA) Abdullah M. Al Qahtani memenuhi keinginannya untuk hadir di Bondowoso Republik Kopi. Al Qahtani tiba di Pendopo Bupati sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu (23//2017) malam dan diterima langsung oleh Bupati Amin Said Husni.

Kedatangan Al Qahtani ini ditemani oleh Ira Rahma sebagai penerjemah dan beberapa staf khusus utusan presiden RI untuk Timur Tengah, Alwi Shihab.

Sementara Bupati Amin Said Husni didampingi beberapa pejabat teras Pemkab Bondowoso seperti Dinas Pertanian, H. Munandar, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Bambang Soekwanto, Kepala Diskominfo, Haeriye Yuliati dan beberapa pejabat lain.

Tak lupa, Bupati Amin Said Husni memberikan Cinderamata berupa Buku Republik Kopi (BRK) kepada AL Qahtani dan Staf Khusus Utusan Presiden untuk Timur Tengah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES