Ekonomi

BI Pangkas lagi Tingkat Suku Bunga Acuan Menjadi 4,5 persen

Rabu, 23 Agustus 2017 - 20:04 | 23.04k
Bang Indonesia (Foto: enciety.)
Bang Indonesia (Foto: enciety.)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) kembali pangkas suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (7DRR) sebesar 25 basis point (bps) menjadi 4,5%.

Rapat Dewan Gubernur BI yang digelar sejak 21 Agustus 2017 juga menurunkan suku bunga deposit facility di level 3,75% dan lending facility di level 5,25%.

Terakhir kali, BI 7-Day RRR mengalami perubahan pada 20 Oktober 2016 lalu. Turun dari 5% menjadi 4,75%.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan empat hal. Pertama, inflasi yang lebih rendah dan akan lebih rendah dibanding perkiraan sebelumnya.

Perry mengatakan, pihaknya memperkirakan inflasi tahun ini akan mencapai 4%. Angka itu telah memperhitungkan dampak kenaikan tarif listrik. Sementara inflasi inti tahun ini akan diperkirakan akan mencapai 3%.

Tak hanya itu, inflasi tahun depan juga diperkirakan akan tetap terjaga di bawah 3,5%. "Penurunan inflasi yang lebih rendah dibanding yang dulu itu membuka ruang bagi kebijakan penurunan suku bunga. Ini konsisten dengan kerangka kebijakan moneter kami yang menjangkar inflasi ke depan sesuai sasaran," kata Perry, Selasa (22/8) dilansir kontan.

Kedua, defisit transaksi berjalan yang terkendali yang membuat keseimbangan eksternal Indonesia tetap terjaga. Pihaknya memperkirakan, CAD tahun ini akan berada di kisaran 1,5%-2% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan CAD tahun depan di kisaran 2%-2,5% dari PDB.

Ketiga, kenaikan suku bunga acuan The Fed diperkirakan lebih kecil dan tertunda. Menurut Perry, sebelumnya BI memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga acuan dua kali lagi di tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Kontan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES