Peristiwa Daerah

Bursa Ternak Syariah Akan Warnai Banyuwangi Cattle Market Festival

Selasa, 22 Agustus 2017 - 18:26 | 46.32k
Pameran hewan ternak di Banyuwangi. (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Pameran hewan ternak di Banyuwangi. (Foto : Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bursa hewan ternak syariah akan turut mewarnai Banyuwangi Cattle Market Festival.

Kepada TIMES Banyuwangi (TIMES Indonesia Network), Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Banyuwangi Arief Setiawan mengatakan, bersamaan dengan masa menjelang Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, Cattle Market akan dilaksanakan dengan penjualan hewan ternak layak kurban sesuai standar Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Setiap hewan akan disertai satu sertifikat dari Disperta Banyuwangi dengan keterangan berat, umur, kesehatan, harga dan pernyataan layak dikurbankan.

"Jadi penjual tidak merasa dirugikan, pembeli juga tidak merasa dirugikan. Ini cattle market yang syariah," kata Arief di Gedung DPRD Banyuwangi, Selasa (22/8/2017).

Tak hanya sampai situ, informasi pada jagal atau penyembelih hewan yang memiliki kompetensi menyembelih sesuai ketentuan agama juga akan diberikan.

Masyarakat yang berkunjung juga akan mendapatkan edukasi bagaimana menilai hewan kurban yang sehat, dan merawatnya sendiri hingga saatnya nanti dikurbankan. Tidak hanya pengetahuan agama tentang hewan kurban, pengetahuan kesehatan hewan dari sudut pandang kedokteran hewan juga diberikan dalam acara yang akan digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Tawang Alun Banyuwangi, tanggal 26 hingga 31 Agustus itu.

Bersamaa itu juga akan digelar kontes hewan ternak, untuk menghibur masyarakat yang berkunjung, sebagai dukungan pada pengembangan pariwisata, pada tanggal 26 hingga 28 Agustus.

"Kita juga libatkan bidang-bidang lain misalnya tanaman pangan, perkebunan, potensi kakao, kopi, susu. Kita jadikan daya tarik pariwisata juga," pungkas Arief. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Pasuruan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES