Peristiwa Internasional

Peristiwa Penting pada 22 Agustus, Cikal Bakal TNI Terbentuk

Selasa, 22 Agustus 2017 - 09:21 | 947.13k
Tentara Nasional Indonesia (TNI). (Foto: PRFm)
Tentara Nasional Indonesia (TNI). (Foto: PRFm)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Agustus 1945 mencatat banyak peristiwa penting bagi Indonesia yang baru saja mendeklarasikan kemerdekaanya pada 17 Agustus 1945.

Setelah membentuk beberapa kelengkapan negara, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 22 Agustus 1945 membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR).

BKR adalah angkatan bersenjata pertama yang dibentuk setelah Indonesia merdeka. Pembentukan BKR dilakukan melalui sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 dan diumumkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 23 Agustus 1945.

Anggota BKR saat itu adalah para pemuda Indonesia yang sebelumnya telah mendapat pendidikan militer sebagai tentara Heiho, Pembela Tanah Air (PETA), KNIL dan lain sebagainya. Yang diangkat menjadi komandan BKR adalah Arudji Kartawinata.

Melalui Dekrit Presiden tanggal 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pada perkembangannya, nama angkatan bersenjata Indonesia ini mengalami beberapa kali perubahan nama hingga akhirnya menjadi Tentara Nasional Indonesia.


Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 22 Agustus:

1770 - Ekspedisi James Cook tiba di ujung utara pesisir timur Australia.

1864 - Dua belas negara menandatangani Konvensi Jenewa Pertama untuk melindungi korban perang, memperkenalkan lambang palang merah.

1910 - Jepang dan Korea menandatangani Perjanjian Jepang Korea 1910. Atas perjanjian itu, wilayah Korea secara resmi menjadi kekuasan Jepang. Namun pada akhir Perang Dunia II, tepatnya pada 2 September 1945, Jepang melepaskan kekuasaannya atas Korea.

1945 -  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menjaga keamanan di wilayah Indonesia. BKR merupakan cikal Tentara Nasional Indonesia (TNI).

2006 - Pulkovo Airlines Penerbangan 612 jatuh di dekat perbatasan Rusia-Ukraina; 160 penumpang dan 10 awak pesawat tewas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES