Kesehatan

Tak Hanya Wortel, 4 Makanan Ini Bagus untuk Mata

Selasa, 22 Agustus 2017 - 05:36 | 83.35k
ILUSTRASI. Mata sehat. (Foto: beautycaz.com)
ILUSTRASI. Mata sehat. (Foto: beautycaz.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wortel dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata karena kaya dengan vitamin A. Anjuran makan wortel untuk mencegah berbagai gangguan penglihatan sudah lazim diberikan sejak kecil hingga lanjut usia. Namun ternyata, tak hanya wortel dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Dilansir dari Klik Dokter, dalam sebuah studi mengenai katarak ditemukan bahwa mata sangat sensitif terhadap kondisi kekurangan nutrisi. Komponen gizi dan mikronutrien seperti protein, vitamin A, C, E, niasin, dan tiamin adalah beberapa yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan mata.

Komponen gizi tersebut terdapat dalam berbagai makanan di bawah ini, yang mungkin sudah diketahui manfaatnya bagi kesehatan tetapi tidak disadari fungsi spesifiknya bagi mata.

Kacang-kacangan


ILUSTRASI. Konsumsi kacang-kacangan baik untuk kesehatan mata. (Foto: merdeka.com)

Kacang seperti kacang almon dan kacang kenari juga kaya akan omega-3. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin E yang selain dapat menjaga kesehatan kulit, juga membantu mencegah berbagai penyakit mata degeneratif. Dengan target konsumsi sekitar 15 mg vitamin E sehari, Anda dapat mencapai setengahnya dengan makan 20 butir kacang almon.

Ikan


ILUSTRASI. Konsumsi ikan juga baik untuk kesehatan mata. (Foto: perutgendut.com)

Ikan, terutama salmon, adalah sumber protein yang bagus untuk kesehatan mata. Salmon kaya akan omega-3 yang merupakan asam amino baik, dan dapat menjaga kesehatan retina. Omega-3 juga dapat membantu mencegah mata kering.

Susu


ILUSTRASI. Tak hanya untuk tulang, susu juga baik untuk mata. (Foto: newhealthguide.org)

Susu dan produknya, seperti keju dan yoghurt, juga baik untuk kesehatan mata. Susu mengandung vitamin A dan besi. Vitamin A akan menjaga kesehatan kornea, sedangkan besi merupakan kendaraan yang akan membawa vitamin A dari hati ke mata.

Jeruk


ILUSTRASI. Vitamin C pada jeruk juga bagus untuk mata. (Foto: weknowyourdreams.com)

Jeruk dan buah-buahan sitrus lainnya kaya akan vitamin C yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin C membantu menjaga kondisi pembuluh darah yang ada di mata, dan mencegah berbagai penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makular. Jeruk juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga penting untuk kesehatan mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES