Kesehatan

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Selasa, 22 Agustus 2017 - 01:27 | 70.83k
ILUSTRASI. Susu kambing memiliki banyak manfaat untuk tubuh. (Foto: globalwomenconnected.com)
ILUSTRASI. Susu kambing memiliki banyak manfaat untuk tubuh. (Foto: globalwomenconnected.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya susu sapi, ternyata susu kambing juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain mengandung kalsium, susu kambing nyatanya juga kaya antioksidan dan asam lemak baik yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Dilansir dari Hello Sehat, berikut ini beragam manfaat susu kambing bagi kesehatan.

Mudah diserap dan dicerna tubuh
Dibandingkan dengan susu sapi, lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna.

Tidak hanya rendah lemak, susu kambing pun memiliki kandungan laktosa atau gula yang rendah. Itu sebabnya, bagi Anda yang mungkin mengalami intoleransi terhadap laktosa atau kesulitan mencerna susu sapi, mengonsumsi susu kambing bisa jadi solusi yang tepat.

Tinggi kalsium dan asam lemak esensial, tapi rendah kolesterol
Susu kambing juga kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk pembentukan tulang. Selain itu, kandungan asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat mampu menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh. Kandungan asam lemak tersebut merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Itu sebabnya, susu kambing bisa jadi salah satu minuman sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Baik untuk perawatan kulit
Kandungan asam lemak dan trigliserida yang ditemukan dalam susu kambing tidak hanya menjaga kesehatan bagian dalam tubuh, tapi juga bisa memberikan dampak baik untuk menjaga kesehatan kulit. Susu kambing juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yang bisa membantu melawan jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan asam laktat yang ditemukan dalam susu kambing juga membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit Anda.

Meskipun susu kambing memiliki beragam manfaat untuk tubuh, Anda harus teteap memperhatikan aturan pakainya. Jangan berikan susu kambing untuk bayi yang berusia di bawah satu tahun. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi masih terlalu sensitif dan sempurna untuk memproses susu selain ASI.

Selain itu, jangan lupa, Anda juga tetap harus memperhatikan sterilisasi susu kambing yang Anda konsumsi. Ada baiknya Anda memilih susu kambing yang sudah dipasteurisasi atau dipanaskan agar terjamin keamanannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES