Peristiwa Daerah HUT Ke 72 RI

Gerak Jalan di Banyuwangi Arak Bendera 650 Meter

Senin, 21 Agustus 2017 - 19:39 | 57.10k
Peserta gerak jalan dari Dusun Krajan, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, saat membara bendera merah putih dengan panjang 650 meter. (Foto: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)
Peserta gerak jalan dari Dusun Krajan, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, saat membara bendera merah putih dengan panjang 650 meter. (Foto: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)
FOKUS

HUT Ke 72 RI

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemandangan menarik terlihat di lomba gerak jalan umum dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI, di Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur. Sebuah barisan masal gerak jalan yang berasal dari Dusun Krajan, Desa Jajag, berbaris dengan membentangkan bendera merah putih raksasa sepanjang 650 meter.

Tak ayal, sorot mata ribuan penonton di sepanjang lintasan sejauh 8 kilometer tertuju pada bendera yang dibawa sekitar 450 orang tersebut. Lebih menarik, berdiri paling depan adalah sekelompok gadis cantik dengan busana casual.

Agung Setyowibowo, selaku koordinator tim, mengatakan, penampilan unik yang mereka suguhkan adalah ide dan kreativitas masyarakat Dusun Krajan. Selain agar tampil beda, juga sebagai wujud penghargaan terhadap pengorbanan para pejuang dalam mengusir penjajah.

“Kita sebagai generasi muda penerus bangsa, harus memiliki semangat nasionalisme serta komitmen untuk mengisi kemerdekaan,” ungkap pria yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi, dari partai Nasdem ini, Senin (21/8/2017).

Disebutkan, dalam kegiatan ini, ada 2 bendera raksasa yang mereka bentangkan. Selain panjang 650 meter, ada satu lagi dengan panjang lebih kecil, 45 meter. Dalam pembuatan, keduanya dikerjakan oleh 50 orang dengan memakan waktu hingga 15 hari.

“Untuk kesulitan adalah saat menyatukan warna merah dan putih, karena panjang benang sering kali purus waktu menjahit. Tetapi demi untuk memperingati Hari Kemerdekaan, kami tidak menyerah dan alhamdulillah berhasil, " pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES