Gaya Hidup

Terlalu Sering Pakai Maskara, Ini Bahayanya

Minggu, 20 Agustus 2017 - 01:25 | 35.63k
ILUSTRASI. Penggunaan maskara dapat memperindah mata. (Foto: rd.com)
ILUSTRASI. Penggunaan maskara dapat memperindah mata. (Foto: rd.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Make-up adalah hal yang penting bagi kaum hawa. Dengan make up, penampilan wanita menjadi lebih cantik sekaligus menambah rasa percaya diri. Salah satu make-up yang paling sering dipakai adalah maskara. Maskara, bisa membuat bulu mata menjadi lebih lentik sehingga mata terlihat lebih indah.

Bagi banyak wanita, maskara wajib dipakai setiap hari. Sayangnya, pakar kesehatan ternyata tidak merekomendasikannya. Dilansir dari Dokter Sehat, memakai maskara setiap hari, khususnya maskara yang berjenis waterproof, dikhawatirkan kita bisa menyebabkan masalah kerontokan bulu mata.

Maskara berjenis waterproof cenderung kering dan kurang lembab. Menggunakannya terlalu sering tentu akan membuat bulu mata menjadi lebih kaku dan kehilangan kelembabannya. Bahkan, kita tentu akan kesulitan dalam membersihkan maskara berjenis waterproof ini dan menemukan beberapa bulu mata yang ikut tercabut. Jika hal ini terjadi setiap hari, bisa jadi bulu mata akan semakin menipis.
 
Selain itu, cukup banyak wanita yang cenderung malas atau lupa membersihkan mata karena sudah kelelahan dan ingin segera beristirahat. Kebiasan ini ternyata bisa menyebabkan bulu mata menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan memicu gatal-gatal. Bahkan, hal ini juga bisa membuat jamur berwarna keputihan muncul dan memicu kelopak mata menjadi lebih kering atau mengalami alergi.

Jika tak ingin mengalami gatal-gatal dan bulu mata rontok, sebaiknya Anda mulai mengurangi penggunaan maskara. Gunakanlah sesekali saja saat Anda sedang membutuhkan penampilan yang maksimal saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES