Peristiwa Nasional

Peristiwa Penting pada 19 Agustus, PPKI Bentuk Kelengkapan Negara Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 09:01 | 1.53m
ILUSTRASI: Perang Dunia II (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Perang Dunia II (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia masih terus berlanjut pada 19 Agustus 1945.

Setelah memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus, menunjuk Presiden dan Wakil Presiden pada 18 Agustus, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mulai menyusun alat kelenggkapan negara.

Pada 19 Augustus 1945, PPKI mengadakan sidang kedua dan membentuk Pemerintahan Daerah. Saat itu, Indonesiadibagi menjadi 8 provinsi yang dipimpin oleh seorang gubernur.
(Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Sumatera).

Selain itu, PPKI juga berhasil membentuk membentuk Komite Nasional (Daerah), membentuk 12 Kementerian dan 4 Menteri Negara dan menetapkan  12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4
menteri negara.

Di samping itu diangkat pula beberapa pejabat tinggi negara yaitu: Ketua Mahkamah Agung, Jaksa Agung, Sekretaris negara, dan Juru bicara negara.

Berikut peristiwa penting pada 19 Agustus:

1919 - Afganistan merdeka dari Britania Raya.

1944 - Perang Dunia II: Berakhirnya Operasi Bagration.

1945 - PPKI membentuk kelengkapan negara, seperti membentuk kementerian, pejabat negara dan membentuk provinsi.

1945 - Perang Vietnam: Viet Minh pimpinan Ho Chi Minh mengambil alih kekuasaan di Hanoi, Vietnam.

1945 - Presiden Soekarno melantik/mengangkat Mr. Dr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Mahkamah Agung, melalui Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

1953 - Perang Dingin: CIA membantu dalam penggulingan pemerintahan Mohammed Mossadegh di Iran yang digantikan kembali oleh Shah Mohammad Reza Pahlavi.

1960 - Korabl-Sputnik 2, pesawat luar angkasa Soviet, diluncurkan. Ini adalah penerbangan pertama yang mengirimkan hewan ke orbit dan kembali ke bumi dengan selamat.

2003 - Sebuah serangan bom mobil terhadap markas PBB di Irak menewaskan Wakil Istimewa PBB Sergio Vieira de Mello dan 21 orang lainnya.

2006 - Muhammad Ihsan Tarore menjadi pemenang Indonesian Idol Musim Ketiga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES