Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

KKN 61 Ajak Siswa SD Berkreasi Dengan Limbah Botol Bekas

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:01 | 207.71k
Senyum siswa SDN 1 Belung saat proses pembuatan kerajinan dari botol bekas dan pembagian tanaman (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Senyum siswa SDN 1 Belung saat proses pembuatan kerajinan dari botol bekas dan pembagian tanaman (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang ajak siswa sekolah dasar mendaur ulang barang bekas. Limbah botol plastik didaur ulang menjadi kerajianan seperti celengan, pot tanaman, dan mainan yang berbentuk unik dan bernilai ekonomis.

Kegiatan itu merupakan program kerja Divisi Pendidikan Mahasiswa KKN Kelompok 61 untuk menanamkan kesadaran kelestarian lingkungan dan mengasah kreatifitas. Pelatihan dilaksanakan di Sekolah Dasar, Desa Belung seperti di SDN 1 dan SDN 2.

KKN-61-229YPTS.jpg

"Botol bekas yang sudah tidak terpakai sebenarnya dapat menjadi barang yang berguna, tidak hanya untuk dipakai lagi sebagai tempat minum, tapi juga bisa menjadi pot tanaman, dan kerajinan tangan yang punya nilai kegunaan botol bekas adalah bahan yang mudah didapatkan," papar Nuril, Koordinator dari Divisi Pendidikan KKN 61 UMM.

Program kerja itu berawal dari keprihatinan mahasiswa KKN UMM Kelompok 61 akan banyaknya limbah plastik yang tidak dapat didaur ulang. Seperti diketahui perlu puluhan tahun untuk dapat terurai, sehingga akan sangat berdampak buruk pada lingkungan. Botol bekas salah satunlimbah plastik yang paling banyak dijumpai.

Pelatihan yang bertajuk yang  "Kegiatan Edukatif Dengan Pemanfaatan Barang Bekas dan Penanaman Tanaman untuk merangsang kreativitas siswa" itu diminati oleh semua siswa bahkan guru.

KKN-61-ATLqBU.jpg

"Sebenarnya masih banyak limbah yang bisa dimanfaatkan, namun untuk porsi anak SD botol plastik lah yang paling mudah,” tambah Nuril.

Selain mengajarkan pemanfaatan botol bekas, mahasiswa juga membagikan tanaman cabe untuk ditanam di rumah siswa sendiri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES