Peristiwa Daerah HUT Ke 72 RI

''Saronen'' Tampil Perdana Pada Festival Seni Desa di Situbondo

Jumat, 18 Agustus 2017 - 21:53 | 112.76k
Musik Saronen dihiasi tarian khusus pada acara Festival Seni Desa di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Jumat (18/08/2017). (Foto: Uday/ TIMES Indonesia)
Musik Saronen dihiasi tarian khusus pada acara Festival Seni Desa di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Jumat (18/08/2017). (Foto: Uday/ TIMES Indonesia)
FOKUS

HUT Ke 72 RI

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musik Saronen dihiasi tarian khusus adalah seni tradisional yang tidak asing di Kabupaten Situbondo, Seni tradisional tersebut ditampilkan sebagai pembuka pada acara Festival Seni Desa yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Jumat (18/08/2017).

Selain sebagai kesenian dan budaya, Saronen juga sebagai pertunjukan seni tradisional dan sering ditampilkan pada hajatan masyarakat di Kota Santri Bumi Shalawat Nariyah seperti acara khitanan, resepsi pernikahan dan sebagainya.

Festival-Seni-Desa-wNbPX1.jpg

Kepala Desa Kumbang Sari, Kecamatan Jangkar, Saptuyono mengaku, sangat senang musik Saronen itu. Pasalnya, tari yang diiringi saronen bisa tampil sebagai pembuka pada Festival Seni Desa yang dihadiri langsung oleh Bupati, Wakil Bupati serta pejabat teras lainnya.

"Alhamdulillah, saya sebagai Kepala Desa (Kades), merasa bangga dan mengucapkan terima Kasih kepada Pemkab Situbondo yang telah memberikan fasilitas dan ruang untuk menunjukkan kesenian lokal yang ada di desa kami," ungkap Kades Kumbang Sari, saat musik Saronen asuhanya selesai tampil. 

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Desa, Yogie Kripsian Sah mengatakan, bahwa Desa kaya akan seni dan budaya yang selama ini terpendam. Perlu dimunculkan dan diperkenalkan kepada masyarakat sebagai potensi dan aset yang dimiliki desa. 

"Festival seni ini sebagai bentuk dari kepedulian dan kewajiban Dinas PMD Kabupaten Situbondo terhadap desa yang memiliki potensi dalam bidang seni dan budaya. Seperti yang disampaikan Bupati, kita akan fasilitasi pada agenda lanjutan yaitu akan mengadakan event besar jika desa sudah kuat dalam bidang seni dan budaya," tegasnya.

Bupati Situbondo dan Wakil Bupati serta sejumlah undangan tampak antusias dan sumringah saat tarian Saronen dari Desa Kumbang Sari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo tampil perdana pada festival seni ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES