Kesehatan

Tak Hanya Lezat, Kerang Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 02:45 | 57.59k
ILUSTRASI.Olahan dari kerang. (Foto: selerasa.com)
ILUSTRASI.Olahan dari kerang. (Foto: selerasa.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain udang dan cumi, kerang juga sering diolah menjadi makanan yang lezat. Tak hanya sekedar memiliki rasa yang enak, kerang ternyata punya berbagai manfaat. Seperti dilansir dari Hello Sehat, berikut manfaat kerang untuk kesehatan.

Mengatasi anemia
Kerang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri diperlukan untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein khusus yang bertugas untuk membawa oksigen dalam darah Anda ke seluruh tubuh. Makan kerang bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Dengan begitu, Anda yang punya penyakit anemia defisiensi zat besi bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup untuk membentuk hemoglobin.
  
Menjaga kesehatan jantung
Anda bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam satu porsi kerang segar. Asam lemak omega-3 sendiri mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi berisiko menyebabkan berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung.

Membentuk dan merawat otot
Seperti makanan laut lainnya, kerang juga kaya akan protein. Protein adalah zat gizi yang berperan penting dalam membentuk massa otot sekaligus merawatnya dari kerusakan jaringan atau sel. Buat Anda yang sering mengalami nyeri otot, protein juga bisa mempercepat proses pemulihan otot-otot yang kaku dan nyeri.

Menjaga fungsi sistem saraf
Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, sistem saraf dalam tubuh Anda memerlukan vitamin B kompleks. Salah satunya yaitu vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 berisiko menyebabkan kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak. Karena itu, manfaat kerang yang mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi sayang sekali kalau dilewatkan. Makan kerang bisa membantu menjaga fungsi sistem saraf Anda, terutama pada bagian otak.

Meski memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, sebaiknya konsumsi kerang dengan porsi yang wajar. Terlalu berlebihan konsumsi kerang justru dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh. Kerang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga berisiko buat kesehatan jantung Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES