Gaya Hidup

Tips Aman Menggunakan Smartphone

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 01:45 | 31.79k
ILUSTRASI. Menggunakan ponsel terlalu dekat dengan mata. (Foto: itsecuritywatch)
ILUSTRASI. Menggunakan ponsel terlalu dekat dengan mata. (Foto: itsecuritywatch)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Smartphone atau ponsel pintar memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mempermudah kita mendapatkan informasi. Namun, perangkat elektronik ini juga dapat berdampak negatif, apalagi jika Anda tidak cerdas dalam menggunakannya.

Dilansir dari Klik Dokter, menurut American Automobile Association, 60 persen kecelakaan di Amerika Serikat terjadi akibat penggunaan ponsel. Jika tak ingin ponsel pintar berefek negatif, Anda perlu mengetahui kiat-kiat aman dalam menggunakannya seperti berikut.

Jangan menggunakan ponsel sambil berjalan atau menyetir
Sudah banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh penggunaan ponsel atau gawai. Hal ini bisa disebabkan terbaginya fokus seseorang untuk memperhatikan jalan dan lingkungan sekitar.

Jangan memandangi ponsel terlalu dekat
Memandangi ponsel pintar dalam jarak terlalu dekat membuat otot mata kelelahan. Ini karena untuk dapat memfokuskan penglihatan dalam jarak dekat, mata harus berakomodasi maksimal menggunakan otot-otot dalam bola mata. Akibatnya lambat-laun otot mata akan lelah.

Jangan memandangi ponsel terlalu lama
Tanpa disadari, frekuensi berkedip akan berkurang saat Anda menonton televisi atau memandangi ponsel pintar dalam waktu lama. Padahal refleks kedipan mata ini berfungsi untuk menjaga kelembapan mata. Akibatnya, mata akan menjadi cepat kering sehingga terasa perih dan merah.

Jangan memakai earphone terlalu lama
Mendengarkan musik dengan eaphone dalam jangka waktu terlalu lama, apalagi dengan volume yang besar, dapat merusak pendengaran Anda. Banyak ditemui orang yang tertidur sambil mendengarkan musik melalui earphone.

Mengikuti perkembangan teknologi, seperti penggunaan ponsel pintar memang perlu, tapi sebaiknya harus  disertai dengan penggunaan yang bijaksana dan cerdas. Jangan sampai teknologi mengganggu kehidupan, terutama kesehatan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES