Peristiwa Daerah

Bupati Situbondo Ajak Desa Menjadi Agen Perubahan Melalui Festival Seni 

Jumat, 18 Agustus 2017 - 16:41 | 48.86k
Foto: Fathulah Uday/TIMES Indonesia)
Foto: Fathulah Uday/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Terpeliharanya seni dan budaya lokal yang dilakukan oleh desa sebagai bagian dari tanda-tanda perkembangan desa dan desa sebagai motor penggerak perubahan yang masif. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH saat memberikan sambutan pada acara Festival Seni Desa yang diselenggarakan oleh Dinas PMD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (18/08/2017).

Festival seni ini dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si didampingi Sekda, Kepala Dinas PMD dan sejumlah pejabat lainya yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo.

PENTAS-SENI1UDAYtYIQv.jpg

Dadang mengajak semua desa sebagai agen perubahan dengan bekerja bersama dalam bidang seni dan budaya. Ia yakin kalau hal ini dilakukan dari bawah dan pemerintah kabupaten menindak lanjuti tentu akan lebih maksimal serta memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat.

“Kalau desa menjadi motor dan agen perubahan akan jauh lebih bersifat masif apalagi ini bisa dikerjakan bersama sama,tumbuh dari dari bawah tetapi dinas harus memberikan fasilitasi memberikan ruang dan kemudian bisa merajut komunitas komunitas yang lain,” ungkapnya. 

Dadang melanjutkan, Seni dan budaya lokal harus dipelihara dengan baik dan berkelanjutan tidak harus menunggu di tahun mendatang, ia menilai bahwa kalau perlu ada pemolesan kultur masyarakat desa yang sudah bagus menjadi lebih bagus menjadi magnet yang memikat untuk ditampilkan. 

“Kalau masyarakat kita melalui pemberdayaan sampai ke desa dilakukan, seni dan budaya desa terus dijalankan. Saya rasa ini adalah cara yang masif untuk meminimalisir kultur yang tidak baik di tengah tengah masyarakat,“ tambahnya.

PENTAS-SENI2UDAYkqugO.jpg

Selain itu, seluruh kepala desa yang ada di Kota Bumi Sholawat Nariyah ini menyatakan kesanggupan kepada Bupati dan Wakil Bupati sanggup untuk membawa misi perubahan pada pola pikir masyarakat yang ada di desa dengan bekerja bersama sama nanti dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ketemu bentuknya.

"Pemerintah Kabupaten Situbondo akan menfasilitasi festival seni yang lebih besar agar menjadi daya saing, daya tarik, dan serta menjadi magnet yang memikat. Hal tersebut tidak boleh hanya sekali dilakukan akan tetapi terus dilakukan dan terus dikuatkan," tutup Bupati.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES