Kesehatan

5 Cara Alami Obati Radang Amandel

Jumat, 18 Agustus 2017 - 04:17 | 46.78k
ILUSTRASI. Memperbanyak minum dapat membantu meringankan radang amandel. (Foto: medicalnewstoday.com)
ILUSTRASI. Memperbanyak minum dapat membantu meringankan radang amandel. (Foto: medicalnewstoday.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit radang amandel bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Banyak orang menganggap amandel harus dioperasi. Padahal, tidak semua orang perlu dioperasi untuk mengobati amandel. Biasanya operasi hanya akan menjadi cara terakhir untuk mengatasi amandel. Ada sejumlah cara alami yang bisa ditempuh untuk mengobati amandel selain lewat operasi. Seperti dilansir dari Hello Sehat, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengobati amandel.

1. Istirahat
Ketika amandel meradang, Anda sebaiknya istirahat dulu. Beristirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri. Karena itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan seperti bekerja, sekolah, atau berolahraga sampai Anda sembuh.  

2. Makan makanan yang lembut
Radang amandel umumnya membuat Anda malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan. Hindari dulu gorengan atau makanan pedas karena makanan-makanan tersebut bisa membuat amandel dan tenggorokan Anda semakin iritasi.

3. Kumur air garam
Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas delapan tahun, berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel membengkak.

Siapkan satu gelas air hangat dan larutkan kira-kira satu sendok teh garam. Kumur-kumur larutan garam ini sambil mendongak selama kira-kira 30 detik. Lalu buang airnya, jangan ditelan. Anda bisa berkumur hingga dua kali sehari atau ketika tenggorokan terasa sakit.

4. Minum obat pereda nyeri
Bila rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat anak-anak di bawah lima tahun, konsultasikan dulu dengan dokter anak obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

5. Banyak minum
Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi. Anda boleh minum air hangat agar tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES