Gaya Hidup

Rambut Anda Bermasalah? Atasi dengan Minyak Zaitun

Jumat, 18 Agustus 2017 - 03:13 | 62.20k
ILUSTRASI. Perawatan rambut dengan minyak zaitun. (Foto: homeremedyhacks.com)
ILUSTRASI. Perawatan rambut dengan minyak zaitun. (Foto: homeremedyhacks.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Minyak zaitun merupakan salah satu ramuan yang paling sering digunakan sebagai produk perawatan rambut. Minyak yang kaya akan asam lemak, beta karoten,vitamin E, dan antioksidan ini diyakini mampu mengatasi beragam masalah rambut. Seperti dilansir dari Alo Dokter, berikut masalah rambut yang bisa diatasi dengan minyak zaitun.

Rambut bercabang
Rambut bercabang sering membuat rambut mudah patah. Hal ini tentu menjadi masalah bagi Anda yang ingin memiliki rambut panjang. Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mengatasi ujung rambut yang bercabang. Caranya, cukup oleskan ujung rambut yang rusak (sekitar 5 cm) dengan minyak zaitun.

Rambut kering
Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut kering yang kaku dan susah diatur. Caranya, oleskan minyak zaitun secara merata ke kulit kepala dan tiap helai rambut. Pijat rambut dan kulit kepala selama beberapa menit. Kemudian, bungkus rambut dengan shower cap selama 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo hingga benar-benar bersih dan tidak lengket. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Ketombe
Minyak zaitun dipercaya bisa mengurangi serpihan ketombe, namun tidak menyembuhkannya. Jika ingin merasakan manfaat minyak zaitun untuk rambut berketombe, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala. Setelah itu pijat-pijat kulit kepala dan bersihkan ketombe dengan sisir.

Cradle cap
Pada bayi berusia 0-2 bulan, terkadang muncul kulit yang bersisik, berwarna kuning, dan berminyak di kepalanya. Inilah yang disebut sebagai cradle cap. Cradle cap biasanya bisa hilang dalam beberapa minggu atau bulan. Penumpukannya pun bisa dicegah dengan cara mencuci rambut dan kulit kepala bayi menggunakan sampo bayi. Kerak cradle cap juga bisa dihilangkan dengan memijatkan minyak zaitun ke kulit kepala Si Kecil setiap malam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES