Peristiwa Nasional

Pemerintah Mulai Lakukan Persiapan Jelang Tahun Politik

Kamis, 17 Agustus 2017 - 17:02 | 24.27k
Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan PUM Kemendagri, Soedarmo. (Foto: Zonalima)
Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan PUM Kemendagri, Soedarmo. (Foto: Zonalima)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai mempersiapkan langkah dan strategi pengamanan jelang tahun politik 2018 dan 2019. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Soedarmo menyebutkan, pemerintah sudah sejak dini melakukan berbagai persiapan jelang tahun politik di Indonesia.

Berbagai persiapan itu diantaranya adalah pemetaan potensi kerawanan baik dari aspek ideologi politik maupun aspek sosial budaya.

"Kemudian diteksi dini, koordinasi dengan seluruh apratur dan instansi terkait agar bisa sikapi, ambil tindakan kalau ada hal-hal yang dimungkinkan akan menganggu jelang tahun politik," papar Soedarmo di Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Sebagai informasi, gelaran pesta demokrasi di Indonesia tidak akan lama lagi, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, disusul setahun setelahnya Pemilu Legislatif bersamaan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

"Pemerintah harapkan selalu ada dalam setiap kegiatan, khususnya kegiatan politik, kan tahun depan adalah tahun politik, kita berharap stabilitas keamanan nasional kondusif," sambungnya.

Disamping itu, Soedarmo juga menekankan agar masyarakat tidak alergi terhadap politik. Kesadaran seluruh elemen masyarakat dalam berpolitik sangat berpengaruh pada stabilitas nasional.

"Kita harapkan kesadaran semua pihak dan elemen, menjaga stabilitas keamanan, sebelum, selama dan sesuadah pelaksanaan, baik Pilkada Pileg maupun Pilpres," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES