Peristiwa Daerah HUT Ke 72 RI

Warga Banjarwati Kenakan Pakaian Adat saat Upacara Kemerdekaan

Kamis, 17 Agustus 2017 - 16:26 | 50.06k
Warga Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran mengenakan pakaian adat se-nusantara dalam peringatan HUT ke-72 RI, Kamis (17/8/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Warga Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran mengenakan pakaian adat se-nusantara dalam peringatan HUT ke-72 RI, Kamis (17/8/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
FOKUS

HUT Ke 72 RI

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Warga Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menggelar upacara HUT ke-72 RI dengan cara yang berbeda.

Warga di dekat pesisir Pantai Utara (Pantur) Kabupaten Lamongan ini menggelar upacara bendera dengan menggunakan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah di wilayah Indonesia.

Mulai dari petugas upacara, yang menggunakan pakaian tradisional. Pengibar bendera memakai pakaian tradisional dari daerah Sumatera, sementara pemimpin upacara menggunakan pakaian adat Jawa.

Anak-anak juga tak mau ketinggalan, mereka juga memakai pakaian adat dan khidmat mengikuti upacara yang dilangsungkan di lapangan sekolah di desa setempat.

“Tiap tahun memang ada upacara untuk peringatan hari kemerdekaan," kata Roni, satu di antara warga Desa Banjarwati, Hanya saja, upacara bendera ala warga desa ini tak seperti upacara bendera pada umumnya dan digelar dengan cara sederhana.

Menurutnya, peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini, memang sengaja berbeda, warga memilih tema “Revitalisasi Kebhinekaan” sehingga mengenakan pakaian tradisional di Nusantara sebagai pakaian upacara.

“Kami hanya ingin mengatakan bahwa kita berbeda tapi satu. Ini adalah ungkapan keprihatinan kita, warga desa, terhadap kondisi kekinian bangsa ini,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES