Indonesia Positif

Asyik Kampung 3G Malang Terima Bantuan

Rabu, 16 Agustus 2017 - 21:02 | 81.02k
Bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Joglo Kampung 3G Desa Purwantoro Kota Malang, Rabu (16/08/17). (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Joglo Kampung 3G Desa Purwantoro Kota Malang, Rabu (16/08/17). (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kampung Glintung Go Green (3G) yang digawangi oleh Ketua RW Ir. H. Bambang Irianto mendapat bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Joglo Kampung 3G Desa Purwantoro Kota Malang, Rabu (16/08/17).

Bantuan yang diberikan dalam rangka hari Kemerdekaan RI ke-72 itu terdiri dari satu unit pembangkit listrik Pico Hidro kapasitas 3,00 kilo watt (KW) oleh Perusahaan Umum (PERUM) Jasa Tirta 1 kepada kampung 3G.

Kampung-3d3guhW.jpg

"Kampung 3G merupakan kampung inovasi yang telah dibangun fasum (fasilitas umum) yang harus mempunyai listrik dari kemampuan kampung sendiri," ujar Direktur Utama (Dirut) Tirta Jasa 1 Raymond Valiant Ruritan .

Ia juga menambahkan, Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) dengan memanfaatkan pancuran air di kampung dan di harapkan dapat menerangi Fasum dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

Serta Pemberian bantuan sarana dan prasarana pemberdayaan masyarakat senilai Rp 50 juta dari BRI yang diwakilkan oleh Kanwil BRI Malang Busrul Iman.

Pemberian bantuan disaksikan langsung oleh Diputi BUMN Bidang Usaha Energik, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah.

Kampung-3d4jNs4Y.jpg

Menurutnya, Kampung Glintung sebagai kampung percontohan sudah menuai banyak inspirasi salah satunya kemampuan leadership yang ditunjukan oleh Banbang Irianto serta didukung kemampuan teknis yang memadai sehingga menjadi satu kesatuan yang sempurna untuk mengubah mindset warga kampung 3G.

"Perubahan mindset itu tidak gampang, masalah skill masalah teknologi bisa kita pelajari kalau keterbukaan itu susah di dapat dan saya rasa Pak Bambang berhasil dalam itu," pungkas Edwin Hidayat Abdullah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES