Peristiwa Daerah

Wilayah Sepucuk Kabupaten OKI Digagas Sebagai Pusat Riset Gambut

Rabu, 16 Agustus 2017 - 16:27 | 40.51k
Wilayah Sepucuk Di Kabupaten OKI Yang Telah Direstorasi. (Foto: Istimewa)
Wilayah Sepucuk Di Kabupaten OKI Yang Telah Direstorasi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wilayah Sepucuk, Kabupaten OKI kedepan dapat dijadikan Pusat Riset Gambut di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia Wilayah ini memiliki lahan gambutnya luas bekas kebakaran tahun 2015 bahkan ada juga yang sudah di restorasi gambutnya.

Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  Hendry Bastawan menyampaikan Badan Litbang dan inovasi mengekspos berbagai hasil yang dianggap berhasil untuk menangani berbagai persoalan dengan Pemerintah Daerah setempat.

"Jadi setelah kami kaji upaya-upaya eksposnya dan kami membuat satu kegiatan yaitu presstour dan kami mengajak media-media mainstream yang cakupannya nasional dan mengekspos kepada masyarakat mengenai kegaiatan kerjasama Badan Litbang dan Inovasi dengan Pemerintah daerah dalam memecahkan masalah-masalah yang ada," katanya.

Sumsel menjadi tujuan presstour Badan Litbang dan Inovasi yang kedua, sebelumnya adalah Jogjakarta. Kali ini, preestour ke Sumsel untuk mengekspos dan kerjasama di Sepucuk Kabupaten OKI.

"Bagaimana kita telah berhasil setelah tahun 1997 merestorasi lahan gambut, kebetulan saat ini restorasi gambut menjadi salah satu yang prioritas mengingat tahun 2015 yang lalu terjadi Karhutla," katanya.

"Saya berbincang bersama Staf Ahli Gubernur Bidang Perubahan Iklim Provinsi Sumsel, Najib Asmani ada satu gagasan yang kita pikirkan bersama dengan mengusulkan Sepucuk OKI ini akan kita jadikan Pusat Riset Gambut," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES