Peristiwa Daerah

Bakal Kelola Bandara Blimbingsari, AP II Janjikan 3 Keuntungan

Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:57 | 35.72k
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memastikan aset Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi di Bandara Blimbingsari akan tetap menjadi milik Pemda Banyuwangi, meskipun pengelolaannya diserahkan kepada PT Angkasa Pura (AP) II. Sebelumnya Bandara Blimbingsari berada di bawah pengelolaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU), yang di Blimbingsari dikepalai Dodi D Cahyadi.

"Nanti kerjasamanya sewa, AP II menyewa ke Pemda," kata Anas, Rabu (16/8/2017).

Sementara itu, Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya akan membawa 3 keuntungan pada Banyuwangi saat mengelola Bandara Blimbingsari nanti. Pertama pemeliharaan aset Pemda, karena tanggung jawab itu akan berpindah sepenuhnya ke AP II.

"Jadi Pemda tidak usah (lagi) mengeluarkan APBD untuk pemeliharaan aset, lebih baik dianggarkan untuk yang lain di luar bandara nanti Pak Bupati-lah yang lebih ngerti," kata Awaluddin, saat berkunjung ke Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Kemudian peningkatan traffic pengunjung atau pengguna jasa Bandara. Dia mengatakan, operator bandara seperti AP II memiliki kerjasama dengan cakupan luas dengan airlines. Awaluddin mengklaim, dari itu keuntungan bagi Banyuwangi adalah lebih dikenal dan lebih banyak pengunjung.

"Tinggal koordinasinya sama destinasi wisatanya," sambung Awaluddin.

Yang terakhir pertumbuhan masyarakat dan ekonomi daerah akan terdongkrak, dengan pembukaan lapangan kerja baru dan pengembangan ekosistem bandara yang akan dilakukan AP II.

"Pembangunan bandara itu kan harus ada ekosistemnya ya, jadi harus ada ekosistem komersialnya, ekosistem pemerintahan, ekosistem maintenance perawatan kapal. Itu akan bermanfaat bagi masyarakat, lapangan kerja dan lain sebaginya," kata Awaluddin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES