Peristiwa Nasional

Peristiwa Penting pada 16 Agustus, Penculikan Terhadap Soekarno-Hatta 

Rabu, 16 Agustus 2017 - 08:19 | 555.24k
ILSUTRASI: Peristiwa Rengasdenklok (Foto: Berdikari)
ILSUTRASI: Peristiwa Rengasdenklok (Foto: Berdikari)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 16 Agustus 1945, mencatat sebuah peristiwa penting bagi Indonesia.

Pada waktu itu, sejumlah pemuda antara lain Soekarni, Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh dari perkumpulan "Menteng 31" melaukan penculikan terhadap Soekarno dan Hatta. 

Penculikan yang dikenal dengan peristiwa Rengasdenklok ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00. WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan. Desakan mempercepat pernyataan kemerdekaan muncul menyusul kekalahan Jepang dalam perang pasifik. 

Selain itu, kelompok Menteng 31 tidak ingin proklamasi dilakukan melalui PPKI yang dianggap sebagai badan buatan Jepang. Mereka khawatir apabila kemerdekaan yang sebenarnya merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia, menjadi seolah-olah merupakan pemberian dari Jepang.

Pada akhirnya, Soekarno dan Hatta setuju proklamasi kemerdekaan dipercepat, yakni di lakukan pada tangga 17 Agustus 1945.

Berikut peristiwa penting lainnya yang terjadi pada 16 Agustus:

1896 - Grup yang dipimpin oleh Skookum Jim Mason menemukan emas di dekat Dawson City, Yukon, Kanada, yang menyebabkan terjadinya Demam Emas Klondike.

1945 - Peristiwa Rengasdengklok, Soekarno dan Hatta diculik oleh para tokoh pemuda, termasuk Chaerul Saleh, ke Rengasdengklok pada pukul 03:00 WIB. Mereka kemudian berangkat ke Jakarta, bertemu dengan Jenderal Yamamoto, dan malam harinya berkumpul di kediaman Laksamana Muda Maeda Tadashi.

1959 - Madonna Louise Ciccone lahir di Bay City, Michigan, Amerika Serikat (AS). Madonna merupakan salah satu figur paling besar dalam sejarah musik populer dunia dan mendapat julukan sebagai Ratu Pop.

1960 - Siprus merdeka dari Britania Raya.

1962 - Siaran Pertama TVRI di Jakarta

1972 - Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) mulai diberlakukan.

1977 - Penyanyi sekaligus pioner musik rock and roll, Elvis Aoron Presley, ditemukan tewas di rumahnya di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat (AS). Elvis tewas pada usia 42 tahun dan meninggalkan kesedihan mendalam bagi penggemar musik rock and roll. 

2005 - Pemerintah Belanda, melalui Menteri Luar Negeri Bernard Bot, mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES