Indonesia Positif Ketahanan Informasi Budaya

DPMD Situbondo Kenalkan Seni Desa 

Selasa, 15 Agustus 2017 - 11:05 | 55.50k
FOKUS

Ketahanan Informasi Budaya

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur akan menggelar Festival Seni Desa. Festival akan diselenggarakan pada hari jumat tanggal 18 Agustus 2017 pukul 08.00 pagi sampai selesai di halaman Kantor Dinas PMD Pemerintah Kabupaten Situbondo. 

Festival digelar sebagai bentuk pengenalan seni desa khas Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi ) ke 199 dan HUT RI ke 72 yang mengusung tema "Road To Desa Menopang Kota dari Situbondo untuk Indonesia".

Kepala Bidang Bina Desa, Yogie Kripsian Sah menuturkan perlunya memperkenalkan potensi seni dan budaya lokal yang ada di desa desa kepada masyarakat dan wisatawan untuk dijaga dan dilestarikan. 

"Dalam hal ini kita fasilitasi persembahan berbagai kesenian dan budaya yang dimiliki desa untuk dipromosikan karena persembahan tersebut tidak ada di Daerah lain bahkan boleh jadi tak ada di Dunia," terang Yogie saat ditemui dikantornya, Rabu (16/08/2017).

Menurutnya, hadirnya UU Desa mempunyai dampak begitu besar terhadap pembangunan desa, hal ini harus diimbangi dengan berkembangnya peradaban dan budaya sebagai sektor wisata desa melalui seni dan kreativitas. 

"Desa saat ini harus keluar dari pola lama yang telah mengakar dan harus segera merubah mindset desa menuju desa mandiri, mengembangkan sektor wisata melalui BUMDes misalnya " lanjutnya. 

Kesenian desa yang akan ditampilkan pada Festival Seni tersebut yaitu Saronin, Rangong Dhema, Kuntulan, Macopat, Hodo, Pencak Silat, Trolingkung, Can Macanan, Biro kreasi band dan sebagainya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES