Kesehatan

Ingin Tetap Cantik dan Awet Muda, Baca Tips Kesehatan Ini

Selasa, 15 Agustus 2017 - 13:05 | 70.32k
dr. Asiyah Anggraeni, M. MRS, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Blambangan, Banyuwangi. (Foto : TIMES Indonesia)
dr. Asiyah Anggraeni, M. MRS, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Blambangan, Banyuwangi. (Foto : TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ingin selalu tampil cantik dan awet muda, adal dambaan setiap wanita. Meskipun, semua orang tahu, bahwa menjadi tua adalah hukum alam yang tidak bisa dilawan.Yakni dimana perubahan fisik akan terlihat secara signifikan.

Namun ternyata, penuaan bisa terjadi lebih cepat, ketika kurang adanya perawatan. Keriput muncul dimana-mana, hingga kulit menjadi kendur. Akhirnya, kita terlihat lebih tua dari usia.

Disisi lain, perawatan yang memperlambat proses penuaan atau anti-aging seringkali digunakan saat memasuki usia 30-an, 40-an, bahkan 50 an tahun. Pada usia itu, tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput dan kantung mata membesar sudah jelas terlihat.

Padahal, untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, perawatan anti-aging sebaiknya dimulai sejak usia 20 an tahun. Sebab, tanda penuaan sebetulnya sudah mulai ada, meskipun mungkin tidak terlalu terlihat.

Untuk tetap cantik dan awet muda, sebenarnya kita tidak membutuhkan banyak biaya. Tidak perlu menggunakan kosmetik mahal, atau menjalani perawatan kecantikan diklinik ternama.

Lantas, perawatan anti penuaan dini apa saja sih yang selalu jadi pilihan kaum hawa masa kini?

1. Produk Anti-Aging

Ini merupakan cara paling sederhana dalam merawat kulit dan dilakukan oleh hampir setiap perempuan di dunia. Berbagai lini kecantikan pun berlomba-lomba dalam menghasilkan aneka produk anti penuaan dini atau anti aging.

2. Botoks

Treatment ini mungkin sudah sering didengar. Teknik botoks wajah biasanya dilakukan dengan cara menyuntikkan protein bernama Botullinum Toxin A yang diekstrak dengan bakteri Clostridium Botullinum. Penggunnaan botoks sendiri sejatinya sudah disahkan sejak 1980 oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat.

Mulanya, Botoks digunakan oleh dunia medis untuk menghilangkan kedutan pada otot wajah, meringankan gangguan saraf dan stroke. Namun fungsinya bertambah seiring perkembangan zaman. Menghilangkan kerutan jadi fungsi utama yang digemari perempuan di seluruh dunia.

3. Filler

Filler merupakan sebuah teknik kecantikan yang dilakukan dengan menyuntikkan zat asam hialuronat (HA) ke lapisan bawah kulit. Biasanya, hidung dan bibir jadi dua bagian wajah yang paling sering dijadikan sebagai objek filler.

4. Mikrodermabrasi

Kulit yang cantik dan sehat jadi kunci utama untuk bisa tampil cantik dan awet muda. Salah satu yang kerap jadi kendala perempuan adalah jerawat yang meninggalkan bekas berupa flek hitam pada wajah.

Banyak perempuan kini beralih dengan melakukan teknik mikrodermabrasi untuk menyingkirkan masalah yang satu ini. Teknik ini menggunakan laser untuk menghilangkan bekas jerawat dan diklaim mampu meratakan lubang jerawat.

5. Tanam Benang

Perawatan kecantikan yang satu ini amat populer di kalangan perempuan. Ini merupakan sebuah cara peremajaan kulit wajah dengan menanamkan benang pada jaringan bawah kulit wajah.

Efek yang dihasilkan? Kamu bisa terlihat awet muda karena keriput menghilang dan kulit tampak lebih kencang. Harga yang tak terlalu mahal membuatnya amat digemari kaum hawa. Kamu akan dibius terlebih dahulu, lalu benang akan dimasukkan untuk mengencangkan jaringan bawah kulit. Benang yang digunakan juga bisa terserap dan menyatu pada kulit, lho.

Setelah melakukan prosedur, kamu akan merasakan nyeri pada belakang telinga dan kurang nyaman pada wajah. Mungkin juga wajah akan jadi bengkak dan memar. Efek ini mungkin saja akan bertahan hingga dua minggu.Selain melakukan perawatan di atas, pencegahan penuaan dini juga bisa dilakukan dengan perawatan secara alami. Dengan mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu menghindari sekaligus mencegah kerut.

Berikut adalah beberapa jenis makanan super yang bisa membantu mencegah terjadinya keruput dan penuaan dini :

1. Tomat

Tomat dipercaya bisa mencegah kerutan akibat sinar matahari. Tomat mengandung Lycopene, yang merupakan salah satu antioksidan dan bisa mengurangi proses penuaan dini yang disebabkan karena seringnya kulit terpapar langsung dengan sinar matahari. Untuk itu, jangan lupa tambahkan tomat dalam setiap santapan Anda.

2. Mangga

Mangga bisa mencegah kerut dan mengurangi jerawat. Mangga kaya akan beta karotin (vitamin A) yang merupakan anti oksidan terkuat. Anti oksidan berfungsi untuk melawan penuaan dini. Selain itu, vitamin A juga mampu menangkal jerawat.

3. Kedelai

Penuaan membuat hilangnya estrogen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Kedelai memiliki kandungan fitoestrogen untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak estrogen (berperan untuk menjaga elastisitas kulit) yang bisa mengurangi keriput dan garis-garis halus.

Selain dikonsumsi, kedelai juga bisa dijadikan masker. Caranya, hancurkan kedelai yang telah ditambah sedikit air, lalu terapkan pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Perawatan ini bisa digunakan seminggu tiga kali.

4. Teh Hijau

Kandungan antioksidan alami pada teh hijau bisa menetralkan bahaya radikal bebas pada kulit, yang bisa merusak sel-sel kulit hingga munculnya kerutan. Nah, berkat teh hijau, radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, asap rokok, sinar matahari bisa dibuang.

5. Jeruk

Mengonsumsi vitamin C dan asam linoleat (asam lemak tak jenuh) bisa menurunkan tanda-tanda penuaan, seperti memudarkan kerut. Namun vitamin C yang disarankan adalah yang didapatkan secara alami, seperti jeruk, strawberi, kiwi dan pepaya. Sementara asam linoleat bisa didapat dari kacang, biji rami dan tahu. Untuk mendapatkan kedua nutrisi dalam satu makanan, cobalah makan brokoli dan kangkung.

Bagaimana?. Tetap cantik dan awet muda ternyata mudah kan?. Selamat mencoba. (*)

* Penulis adalah dr. Asiyah Anggraeni, M. MRS, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Blambangan, Banyuwangi. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Pasuruan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES