Kuliner

Nugget "Ikan Mujair" Rasanya Melenakan

Selasa, 15 Agustus 2017 - 12:06 | 123.46k
Nugget ikan mujair hasil inovasi mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pomahan Janggan, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Selasa (15/8/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia
Nugget ikan mujair hasil inovasi mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pomahan Janggan, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Selasa (15/8/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah jenuh dan terbiasa menyantap nugget daging ayam, atau menikmati nugget berbahan daging sapi yang dicocolkan ke saus pedas? Kini nugget berbahan dasar ikan mujair telah hadir.

Nugget ikan mujair ini berawal dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) di Desa Pomahan Janggan, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Ide ini muncul setelah melihat adanya potensi Desa Pomahan Janggan yang merupakan daerah lumbung perikanan. Para mahasiswi dari kelompok 18 yang melihat produksi ikan yang melimpah, lalu terinspirasi untuk berinovasi dari ikan mujair menjadi menu kuliner yang khas.

UnislapyD0j.jpg

"Di sini potensi kan sumber daya perikanan yang ada di pomahan janggan, terutama Mujair, kami inisiatif membuat nugget ikan mujair," kata mahasiswi Unisla Kristian Apriliani, Selasa (15/8/20170.

Soal urusan rasa siapa tidak enak, kelezatannya tak perlu diragukan, pastinya akan memberikan sensasi rasa tersendiri bagi lidah anda. "Rasanya lebih enak, karena tekstur daging ikan mujair lembut," ujar Kristian.

Apalagi, nugget ikan mujair ini dibuat dengan bahan berkualitas yang tentunya lebih sehat, mulai dari ikan mujair segar, hingga sayur wortel. Bahkan, sambungnya, nugget ikan mujair cocok loh untuk Anda yang melakukan diet sehat.

"Ikan mujair banyak manfaatkan, kandungan proteinnya juga tinggi, jadi kalau ada orang menjalani proses diet bisa dilakukan karena rendah kalori dan lemak," tutur Kristian.

Unisla-23cjkD.jpg

Nah Anda sebagai koki di rumah siap-siap untuk menyimaknya, mahasiswi Fakultas Peternakan Unisla ini menceritakan awal mula membuat nugget ikan mujair. "Daging ikan dipisahkan dari duri dan kulit, kemudian dihaluskan dengan blender atau cobek juga bisa," ucapnya.

Selanjutnya, dikatakan Kristian, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan tambahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, wortel dan bumbu-bumbu lainnya.

"Lalu wortelnya di parut dan dilembutkan, kita kasih bumbu bawang putih, kemudian lada bubuk, garam, terus dihaluskan ditambh daun dan daun pre, lalu kita goreng, ditambah tepung di aduk jadi satud di campur penyedap rasa," katanya.

Langkah berikutnya, di siapkan dandang pengukus. Adonan lantas dimasukkan ke dalam loyang yang sudah dialasi minyak goreng, lalu masukkan ke dalam panci kukusan dan kukus sampai matang. "Dikukus selama 15-20 menit," ujarnya.

Unisla-39Kbg0.jpg

Setelah adonan nuggetnya matang, lalu diangkat dan dibiarkan hingga dingin, lantas dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Adonan yang sudah dipotong kemudian gulingkan diatas tepung terigunya sampai rata.

Langkah selanjutnya, celupkan adonan ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan kembali ke dalam tepung sampai rata. Paska itu, nugget ikan mujair di goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

Setelah selesai digoreng, nugget ikan mujair bisa langsung disantap bersama dengan saus mayonise, cabai atau saus cabai sesuai selera. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES