Gaya Hidup

Ini Sebabnya Mudah Emosi saat Cuaca Panas

Selasa, 15 Agustus 2017 - 02:19 | 34.03k
ILUSTRASI. Cuaca panas dapat menyebabkan seseorang mudah emosi. (Foto: healthxchange.sg)
ILUSTRASI. Cuaca panas dapat menyebabkan seseorang mudah emosi. (Foto: healthxchange.sg)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat cuaca bertambah panas karena teriknya sinar matahari, pernahkah Anda merasa jadi mudah emosi dan gampang marah? Kira-kira kenapa cuaca panas membuat Anda jadi mudah emosi?

Dilansir dari Hello Sehat, menurut beberapa ahli kesehatan, mudah emosi saat cuaca panas ini berkaitan dengan reaksi psikologis seseorang. Suhu dalam tubuh yang meningkat pada tubuh karena cuaca panas mengakibatkan peningkatan denyut jantung, testosteron, dan reaksi metabolik yang bisa memicu sistem saraf simpatik dan ‘mengaktifkan’ respon fight-or-flight yang membuat seseorang lebih cenderung untuk melawan.

Rasa tidak nyaman yang dirasakan seseorang saat cuaca panas juga menjadi penyebab mengapa seseorang jadi mudah emosi. Tidak seperti cuaca dingin yang bisa Anda siasati dengan menggunakan baju hangat atau baju berlapis-lapis.

Cuaca panas seperti bisa mengikuti Anda di mana saja. Ketika seseorang mengalami rasa tidak nyaman dan merasakan tekanan yang diakibatkan karena sesuatu yang tidak dapat dikendalikan, hal ini yang membuat mereka jadi mudah emosi. Kemarahan sering terlontar ke sesuatu yang lain, seperti seseorang yang dirasa menjengkelkan di jalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES