Peristiwa Daerah

Polres Malang Bekuk Dua Tersangka Ilegal Logging

Senin, 14 Agustus 2017 - 22:37 | 77.54k
Ilegal Logging di Polres Malang. (Foto: Tika/TIMES Indonesia)
Ilegal Logging di Polres Malang. (Foto: Tika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua pelaku ilegal logging yang berasal dari Desa Lenggoksono, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, berhasil dibekuk anggota Polres Malang.

Kedua tersangka yang berhasil diamankan tersebut berinisial SE (50) dan SW (45). Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik, menjelaskan, keduanya diamankan di Jalan Raya Sumbermanggis, Tirtoyudo, saat hendak mengirim kayu curian.

"Petugas patroli mengetahui tersangka sedang mengangkut kayu hutan tanpa dilengkapi dokumen, Kamis (10/8/2017)," beber Taufik, saat gelar rilis di Mapolres Malang, Senin (14/8/2017).

Kedua tersangka, lanjut Taufik, tidak bisa menunjukkan dokumen resmi. Petugas segera  mengamankan dan mengecek lokasi penebangan kayu tersebut.

Petugas mendapatkan fakta, tersangka menebang kayu secara ilegal di lahan milik Perhutani, wilayah RPH Sumberkembang Desa Purwodadi, Tirtoyudo, petak 60C. Jenis kayu yang ditebang oleh pelaku adalah sengon.

"Pengakuan tersangka baru pertama kali. Rencananya mau dibawa ke Lumajang untuk dijual, kurang lebih ada 22 sampai 25 pohon yang ditebang," imbuhnya.

Lebih lanjut, dari tangan kedua tersangka berhasil diamankan barang bukti berupa sebuah truk yang digunakan sebagai sarana untuk mengangkut kayu hasil curian, satu lembar STNK, sebuah buku KIR serta kayu sengon gelondongan berukuran panjang 130 centimeter dengan diameter antara 10 sampai 25 centimeter.

"Pasal ancaman yang dikenakan, Pasal 83 ayat 1 huruf b Undang-undang Republik Indonesia nomor 18 tahun 2003 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan hukuman minimal satu tahun dan maksimal 5 tahun penjara," tandas dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES