Gaya Hidup

Ini Tandanya Lawan Bicara Berbohong

Selasa, 15 Agustus 2017 - 01:16 | 65.84k
ILUSTRASI. Gerak tubuh berbohong. (Foto: trbimg.com)
ILUSTRASI. Gerak tubuh berbohong. (Foto: trbimg.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menghadapi orang yang suka mengatakan kebohongan memang menyebalkan. Jika tak ingin terus dibohongi Anda harus selalu waspada terhadap lawan bicara. Perhatikan beberapa tanda di bawah ini untuk mengetahui apakah lawan bicara Anda berbicara jujur atau sedang berbohong, dilansir dari Klik Dokter.

Perhatikan gerakan tubuh
Anda dapat mengetahui ciri orang yang sedang berbohong dengan memerhatikan bahasa tubuhnya. Seseorang yang tengah berbohong biasanya cenderung membungkukkan tubuhnya selama berbicara dengan Anda. 

Hal tersebut dilakukan karena secara tidak sadar orang yang berbohong akan berusaha melindungi tubuhnya. Sebaliknya, jika lawan bicara menunjukkan sikap percaya diri selama percakapan, berarti dia tidak sedang berbohong. 

Gestur yang tak perlu 
Pembohong akan melakukan banyak gestur atau gerakan tubuh yang tidak perlu dilakukan untuk menutupi kebohongannya. Namun tak jarang orang yang berbohong justru terlihat terlalu tenang selama percakapan. Hal itu biasanya dilakukan untuk mengelabui dan membuat Anda yakin atas apa yang disampaikannya. 

Kemungkinan lain, orang yang tengah berbohong justru melakukan gerakan secara hati-hati agar Anda tidak curiga seperti memegang tangan, duduk diam, berbicara perlahan, dan menjaga agar gerakan wajah yang dilakukan tidak terlalu banyak. 

Cara menggelengkan kepala
Seorang mantan anggota CIA mempraktikkan salah satu cara mengetahui seseorang sedang berbohong dengan melihat gelengan kepala. Bila seseorang berkata "iya" namun menggelengkan kepala, bisa jadi dia sedang berdusta.

Selain itu, orang yang sedang berbohong akan mengeluarkan kalimat-kalimat dan ucapan yang tidak konsisten.

Kontak Mata
Orang yang sedang berbohong pada sebisa mungkin akan menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya. 

Menghindari kontak mata adalah salah satu tanda non-verbal pertama dari orang yang berbohong. Kontak mata adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan intim. 

Dengan memperhatikan tanda-tanda di atas, Anda dapat mengetahui apakah lawan bicara Anda jujur atau sedang berbohong. Dengan begitu Anda tidak mudah percaya mengenai informasi yang belum jelas kebenarannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES