Peristiwa Nasional

Peristiwa Penting pada 14 Agustus, Soekarno Siapkan Kemerdekaan Indonesia

Senin, 14 Agustus 2017 - 07:49 | 1.33m
Presiden RI pertama, Soekarno. (Foto: merdeka)
Presiden RI pertama, Soekarno. (Foto: merdeka)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 14 Agustus 1945 menjadi salah satu hari penting dalam sejarah Indonesia. Pada tanggal tersebut, Soekarno  yang kelak menjadi Presiden RI yang pertama ditunjuk sebagai Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, dan Hatta sebagai wakilnya.

Sebelumnya, kedua pemimpin ini, bersama Radjiman pada 11 Agustus 1945, terbang ke Saigon, Vietnam, untuk bertemu Panglima Wilayah Selatan, Panglima Tertinggi Terauchi Hisaichi. Sang Panglima menjanjikan kemerdekaan bagi seluruh bekas wilayah Hindia Belanda, termasuk Indonesia.

Keputusan Jepang ini tidak lepas dari dua bom atom Amerika Serikat pada 7 dan 9 Agustus yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki.

Usai kedatangan Soekarno dan Hatta, proses penyusunan teks proklamasi pun dimulai, dengan melibatkan Soekarni, Chaerul Saleh, Eri Sudewo, Johan Nur, dan Abu Bakar Lubis. Penyusunan teks dikerjakan di Asrama Prapatan Nomor 10, Jakarta. Asrama Prapatan kala itu sering dijadikan tempat nongkrong para anggota gerakan bawah tanah.

Selain menjadi hari penting jelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, 14 Agustus juga diperingati sebagai hari Pramuka Indonesia. Sejatinya, gerakan kepanduan atau Pramuka di Indonesia sudah dimulai sejak era penjajahan Belanda.

Berikut peristiwa penting pada 14 Agustus:

1893 - Perancis menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan sistem plat nomor.

1941 - Perang Dunia II: Winston Churchill dan Franklin D. Roosevelt menandatangani Piagam Atlantik yang berisi kesepakatan-kesepakatan bersama antara Amerika Serikat dan Inggris tentang situasi dunia pasca-perang.

1945 - Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, setelah dijatuhi bom nuklir oleh Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki.

1947 - Pakistan mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Britania Raya dan bergabung dengan Negara-Negara Persemakmuran.

1950 - Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan.

1961 - Hari Pramuka. Pelantikan Mapinas, Kwarnas, dan Kwarnari di Istana Negara, serta penganugerahan Panji kepada Gerakan Pramuka oleh Presiden Soekarno.

1971 - Deklarasi pendirian negara Bahrain.

1997 - Sistem nilai tukar Rupiah berganti dari mengambang terkendali menjadi mengambang bebas. Indonesia mulai terkena imbas Krisis Finansial Asia 1997.

2005 - Sebuah pesawat Helios Airways dengan nomor penerbangan HCY 522 jatuh di utara Athena. Seluruh penumpang yang berjumlah 121 orang tewas.

2010 - Olimpiade Remaja pertama di dunia digelar di Singapura. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES