Gaya Hidup

Ibu Rumah Tangga Lebih Bahagia Dibanding Ibu Bekerja, Benarkah?

Senin, 14 Agustus 2017 - 02:21 | 100.92k
ILUSTRASI. Kebersamaan ibu dan anak. (Foto: fraserinstitute.org)
ILUSTRASI. Kebersamaan ibu dan anak. (Foto: fraserinstitute.org)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mana yang lebih bahagia? Ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja? Selama ini banyak yang beranggapan ibu rumah tangga merasa tidak percaya diri jika dibandingkan ibu bekerja. Bahkan beberapa ibu rumah tangga merasa dirinya tidak produktif.

Hal ini ternyata menarik untuk para peneliti. Seperti dilansir dari Kompas, sebuah perusahaan asuransi di Inggris, LV, menyurvei 3.000 nasabahnya untuk mengetahui kepuasan dan kebahagiaan dalam kehidupan seorang wanita.

Ternyata, 87,2 persen responden yang mengatakan bahwa hidupnya sangat bahagia adalah ibu rumah tangga.

Kemudian, profesi lain yang mengaku menjalani hidup yang membahagiakan yakni 86,3 persen ibu bekerja di bidang kreatif dan seni. Sementara 84,4 persen ibu bekerja di ranah sosial, dan 83,9 persen ibu bekerja di industri wisata.

Survei mengungkapkan bahwa wanita yang menjalankan peran ganda sebagai ibu, istri, dan karyawan yang paling tidak bahagia adalah mereka yang bekerja sebagai polisi (59,4 persen), sales (67,4 persen), pegawai negeri (70 persen), dan pramuniaga (70,8 persen).

"Ibu rumah tangga lebih bahagia ketimbang wanita bekerja lainnya, tetapi Anda perlu tahu, waktu bekerja ibu rumah tangga itu nonstop, dan lebih melelahkan dari profesi lainnya di dunia," jelas kesimpulan pada hasil survei.

Sebuah survei lain yang digagas oleh National Statistics juga mengungkapkan bahwa ibu rumah tangga merupakan kelompok wanita yang menjalani hidup lebih bahagia.

Alasannya, mayoritas ibu rumah tangga merasa mengurus keluarga membuat mereka merasa berarti dan nikmat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES