Gaya Hidup

5 Manfaat Semangka untuk Bayi

Senin, 14 Agustus 2017 - 01:29 | 52.96k
ILUSTRASI. Semangka juga bermanfaat untuk bayi. (Foto: momjunction.com)
ILUSTRASI. Semangka juga bermanfaat untuk bayi. (Foto: momjunction.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk menunjung tumbuh kembangnya, memberikan asupan nutrisi adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh orangtua. Buah-buahan tropis seperti semangka ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan untuk bayi. Dilansir dari Nova.id, berikut manfaat rutin memberikan semangka pada bayi sebagai MPASI.

1. Kaya Vitamin A
Kandungan Vitamin A yang terdapat pada semangka dapat membantu menjaga kuit si kecil tetap sehat. Selain itu, vitamin A pada semangka juga baik untuk meningkatkan penglihatan mata serta jaringan lunak dan selaput lendir.

2. Kaya Vitamin C
Kandungan Vitamin C dalam semangka bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga jumlah sel darah serta hemoglobin melalui penyerapan zat besi.

3. Menjaga bayi terhidrasi
Semangka memiliki kandungan air yang banyak sehingga membantu bayi tetap terhidrasi dengan menjaga keseimbangan air di tubuh. Dengan rutin memberikan semangka untuk MPASI bayi, nutrisinya dapat mempertahankan tingkat hidrasi selama cuaca panas.

4. Perkembangan tulang
Kalsium dan magnesium dalam semangka sangat penting untuk perkembangan tulang dan sekresi hormon dalam tubuh. Magnesium membantu membangun otot yang kuat dan sehat, lalu meningkatkan kelancaran fungsi saraf pada bayi.

5. Mengandung Vitamin B kompleks
Vitamin ini memberikan manfaat berbeda, di mana perkembangan anak secara keseluruhan dapat dilihat dari sistem saraf, yang memperkuat kandungan protein dan metabolisme karbohidrat pada bayi.

Meskipun berkhasiat, namun orangtua juga perlu tahu aturan saat memberikan semangka pada bayi. Semangka harus diberikan pada bayi setelah berumur 6 bulan. Bersihkan biji semangka terlebih dahulu, sehingga risiko tersedak dihindari. Cobalah memotong kecil semangka atau menumbuknya untuk memudahkan bayi mengonsumsinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES