Gaya Hidup

Waspada, Pekerjaan Ini Dapat Memicu Depresi

Minggu, 13 Agustus 2017 - 06:17 | 41.23k
ILUSTRASI. Depresi karena pekerjaan. (Foto: omeubemestarom.com)
ILUSTRASI. Depresi karena pekerjaan. (Foto: omeubemestarom.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Isu depresi semakin nyata setelah rentetan kejadian kasus bunuh diri yang terjadi belakangan. Depresi bisa disebabkan banyak hal. Selain trauma dan konflik tidak berkesudahan, depresi juga bisa dipicu stres di tempat kerja. Beberapa pekerjaan bahkan disebut-sebut memiliki kecenderungan tinggi memicu stres dan depresi.

Dalam studi di Britania Raya yang dilansir laman Therichest.com, disebutkan bahwa profesi dengan tingkat risiko depresi tertinggi adalah profesi yang berhubungan dengan pelayanan publik. Berikut jenis pekerjaan yang rentan mengundang depresi, dilansir dari Tempo.

Pengemudi kendaraan umum
Pengemudi transportasi umum menjadi profesi dengan peluang depresi yang tinggi, sebesar 16,2 persen. Penyebabnya, para pengemudi harus berurusan dengan lalu lintas yang tidak bersahabat, penumpang yang kasar, dan penghasilan yang tidak tinggi.

Mereka juga bekerja dengan jam kerja panjang dan melewati rute yang sama setiap hari. Faktanya, pengemudi transportasi umum juga sering menjadi korban kekerasan fisik dan verbal yang dilakukan penumpang. 

Perawat
Dalam survei yang dilakukan laman kesehatan health.com, profesi perawat menempati profesi dengan tingkat risiko depresi tinggi. Sebanyak 11 persen dari orang yang menekuni profesi perawat pernah mengalami depresi. Penyebabnya, hari-hari perawat dilalui dengan mengurusi orang sakit, mulai memberi makan, memandikan, hingga memberikan obat.

"Mereka (pasien) jarang berterima kasih atau memberikan apresiasi kepada perawat, bisa jadi karena kondisinya sakit atau memang tidak terbiasa melakukannya," kata Christopher Willard, psikolog klinis di Universitas Tufts di Massachusetts, Amerika, yang juga penulis buku psikologi anak, Child's Mind.

Pramusaji restoran
Pramusaji restoran juga masuk daftar profesi paling memicu depresi dengan peluang sebesar 10 persen. Penghasilan rendah, pekerjaan melelahkan karena harus sigap berdiri dan mondar-mandir mengantar pesanan dan membereskan meja, ditambah kemungkinan dimarahi pelanggan yang tidak puas membuat 15 persen dari perempuan yang menggeluti profesi ini pernah mengalami depresi. 

Pekerja sosial
Pekerja sosial identik dengan kegiatan membantu sehingga diperlukan empati yang tinggi terhadap orang lain. Namun, ketika seseorang menjalani profesi sebagai pekerja sosial dengan sepenuh hati, terkadang mereka terlalu memikirkan orang lain lebih dari diri sendiri.

Ini sebabnya pekerja sosial pun rentan terkena depresi dengan peluang sebesar 14 persen. Pekerja sosial juga terlalu sering terpapar oleh kasus dan kisah memilukan dari para klien yang berdampak pada kesehatan mental mereka sendiri.

Konsultan keuangan
Mengatur uang memang bukan urusan mudah. Apalagi terkait dengan keuangan orang lain. Ini sebabnya profesi konsultan keuangan masuk ke jajaran pekerjaan yang dapat memicu depresi.

Tanggung jawab yang besar terhadap kondisi finansial orang lain menimbulkan perasaan bersalah. Dan ketika klien kehilangan uangnya, mereka mungkin akan menyalahkan konsultan keuangan atas kegagalan itu.

Stres dan depresi yang dialami konsultan keuangan biasanya terjadi jika mereka salah memberikan nasihat dan strategi terutama dalam urusan investasi sehingga mengakibatkan kerugian kepada klien mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES