Kesehatan

Benarkah Sisa Nasi Bermanfaat untuk Kesehatan?

Minggu, 13 Agustus 2017 - 04:13 | 66.98k
ILUSTRASI. Makan nasi putih. (Foto: shutterstock.com)
ILUSTRASI. Makan nasi putih. (Foto: shutterstock.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nasi yang dimasak kemarin tersisa. Apakah sebaiknya kita buang saja? Jangan! Nasi tersebut ternyata masih bisa konsumsi untuk sarapan di pagi hari. Jangan berpikir bahwa nasi kemarin maka sudah dipastikan nasi tersebut sudah basi dan tidak layak dikonsumsi. Nasi sisa dari masakan kemarin ternyata sangat baik bagi pencernaan kita.

Seperti dilansir dari Dokter Sehat, nasi yang disimpan semalaman dan dikonsumsi keesokan harinya ternyata mengalami berbagai perubahan kimia yang bisa memberikan kesehatan bagi tubuh. Disamping itu, nasi sisa masakan kemarin ternyata memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah, yakni 60 persen lebih sedikit jika dibandingkan dengan nasi yang baru saja dimasak. Hal ini berarti nasi ini tentu akan sangat baik bagi diet.

Sebagaimana kita ketahui, nasi yang baru saja dimasak ternyata akan langsung diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Glukosa ini akan sangat berguna bagi sumber energi untuk kita melakukan aktifitas. Namun, jika kita ternyata tidak terlalu banyak bergerak, maka glukosa yang tak terpakai akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Nasi yang disimpan semalaman tidak memiliki kandungan glukosa ini sehingga kita tentu tidak perlu khawatir mendapatkan masalah lemak dalam tubuh.

Disamping nasi, jika kita menyimpan kentang yang sudah dimasak dan kita konsumsi di lain waktu juga bisa memberikan kebaikan bagi tubuh karena memiliki zat pati yang jauh lebih besar. Dengan zat pati yang tinggi, maka kita akan mudah merasa kenyang sehingga kita tidak akan memakan makanan secara berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES